Pentingnya Company Profile Bagi Perusahaan

Company profile adalah sebuah dokumen penting yang wajib dimiliki oleh semua perusahaan, khususnya yang ingin maju dan berkembang.

Company profile perusahaan adalah laporan yang secara garis besar menggambarkan kondisi bisnis atau perusahaan, mulai sejak awal didirikan, perjalanannya di masa kini dan harapannya di masa yang akan datang.

Beberapa perusahaan, khususnya perusahaan besar, membuat company profile-nya dalam berbagai format. Mulai dari format cetak, digital, sampai company profile dalam format video.

Company profile tidak perlu tebal. Yang penting, isinya dapat menggambarkan perusahaan, yang mudah dipahami dan dimengerti oleh semua yang membaca atau melihatnya.

Sebenarnya, apa tujuan perusahaan membuat company profile?

Ada tiga fungsi utama dari company profile perusahaan, yaitu:

  1. Sebagai media informasi
  2. Sebagai media komunikasi
  3. Sebagai media marketing atau pemasaran

Yuk, kita bahas satu per satu.

1. Company profile sebagai media informasi

Sebagai media informasi, company profile harus bisa memberikan informasi penting seputar perusahaan. Tentu saja, informasi yang disampaikan dalam company profile itu harus bisa membantu memajukan perusahaan.

Informasi tersebut disampaikan dengan tujuan agar perusahaan dapat memperoleh klien atau konsumen, sesuai dengan target perusahaan. Selain itu, company profile juga sangat bermanfaat untuk mendatangkan investor.

Untuk itu, informasi yang disampaikan juga harus menunjang tujuan tersebut. Misalnya tentang visi dan misi perusahaan, latar belakang berdirinya perusahaan, jenis usaha yang dijalankan, hingga kelebihan atau kualitas produk atau jasa yang dihasilkan dibandingkan dengan produk pesaing.

2. Company profile sebagai media komunikasi

Sebuah perusahaan juga perlu berkomunikasi. Tujuannya, agar keberadaannya semakin diketahui oleh pihak lain. Dengan begitu, maka diharapkan agar bisnis perusahaan tersebut dapat lebih maju dan berkembang.

Dengan adanya company profile, maka orang atau pihak yang sebelumnya tidak mengetahui keberadaan suatu perusahaan, akhirnya dapat mengetahuinya. Hal ini tentu membuka peluang terjadinya kerjasama baru antara perusahaan tersebut dengan orang atau pihak lain.

Semakin banyak kerjasama atau kemitraan yang dijalin oleh sebuah perusahaan, maka akan semakin memperbesar kesempatannya untuk menjadi lebih besar, maju dan berkembang.

3. Company profile sebagai media marketing atau pemasaran

Dengan company profile, maka perusahaan dapat ‘mengiklankan’ dirinya kepada pihak lain, seperti calon klien, calon konsumen, bahkan calon investor.

Saat hendak menjalin kerjasama dengan pihak lain, company profile ini juga yang dapat memberikan nilai lebih kepada perusahaan tersebut. Tidak sedikit calon klien atau calon konsumen yang memilih produk atau jasa sebuah perusahaan, karena tertarik dari company profile-nya.

Mengingat pentingnya fungsi sebuah company profile bagi perusahaan, maka pembuatannya tidak boleh dilakukan asal-asalan.

Jika memang diperlukan, maka bisa meminta bantuan pihak lain yang memang sangat menguasai pembuatan company profile.

Pada artikel berikutnya kami akan membahas mengenai ciri-ciri company profile yang baik.

Ditunggu ya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bantuan? Chat via WA