Apa Itu Company Profile dan Bagaimana Cara Membuatnya?

company profile dan cara membuatnya
Berbagi itu indah. Klik untuk share.

Company profile adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh seluruh perusahaan, baik perusahaan besar, menengah, bahkan kecil.

Company profile perusahaan adalah sarana untuk memperkenalkan bisnis perusahaan tersebut secara professional. Isi dari sebuah company profile perusahaan adalah sekilas mengenai perusahaan tersebut, orang-orang yang terlibat di dalamnya, serta produk atau jasa yang ditawarkan.

Fungsi dari sebuah company profile adalah untuk memberikan informasi kepada khalayak mengenai seluk-beluk perusahaan tersebut. Diharapkan, masyarakat menjadi aware dengan keberadaan perusahaan yang bersangkutan dan akhirnya akan menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

Mengingat sangat pentingnya sebuah company profile, maka company profile harus dibuat dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya, alias semenarik mungkin. Berawal dari ketertarikan pada sebuah company profile, bukan tidak mungkin akan dilanjutkan dengan tertarik untuk menggunakan produk atau jasanya.

Sebuah company profile yang dibuat dengan menarik akan menjadi sumber keuntungan sebuah perusahaan.

Dari contoh company profile perusahaan yang terdapat di internet, umumnya berisi informasi mengenai perusahaan, seperti sejarah singkat, berdirinya perusahaan, visi dan misi yang diusung, siapa saja orang yang terlibat di dalamnya, serta produk atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat.

Selain untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai perusahaan, company profile juga bermanfaat sebagai media branding dan publikasi. Oleh karena itu, company profile sebaiknya dibuat berdasarkan point of view dari calon klien atau dari pengguna internet (jika ditampilkan di website resmi perusahaan).

Cara Membuat Company Profile

Karena juga menjadi media pemasaran, company profile harus dibuat dengan baik dan menarik. Yang harus diperhatikan adalah format company profile. Format tersebut harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Desain company profile template harus menarik, elegan dan tampak professional

Salah satu cara untuk membuat desain company profile yang menarik adalah dengan menggunakan warna dan jenis font yang sesuai dengan logo perusahaan. Jika ketiganya dapat membentuk satu kesatuan, maka company profile template itu dapat menjadi alat branding yang sangat baik.

  • Buatlah isi company profile tersebut dengan susunan yang singkat, jelas dan rapi

Isi company profile harus mudah dimengerti, dipahami dan tentu saja menarik bagi yang membacanya, termasuk yang hanya membacanya sekilas. Oleh karena itu, penulisannya harus benar-benar dipikirkan. Jika diperlukan, dapat menggunakan jasa penulis professional.

  • Dalam isi company profile, harus dicantumkan semua poin atau hal-hal penting yang berhubungan dengan perusahaan

Tunjukkan kepada pembaca semua hal yang menarik, yang pada akhirnya dapat membuat mereka tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

  • Jika dibuat dalam bentuk cetak, company profile sebaiknya dicetak dengan menggunakan bahan atau material yang baik, berkualitas dan berkesan elegan
  • Memasang foto atau gambar yang menunjang informasi yang disampaikan
  • Menggunakan desain company profile template yang menarik
  • Menggunakan huruf yang mudah dan nyaman untuk dibaca

Poin-poin diatas adalah tips membuat company profile yang baik. Selain itu, yang harus diperhatikan berikutnya adalah yang harus ada dalam isi company profile, yaitu:

  • Cover depan
  • Kata pengantar
  • Tentang perusahaan (about us): sekilas tentang perusahaan, mulai dari sejarah berdirinya, personil yang mendirikan perusahaan, jenis usaha, serta informasi penting dan menarik lainnya
  • Visi dan misi perusahaan
  • Personil: diutamakan orang-orang yang memiliki keterampilan dan kompetensi menarik, yang berhubungan dengan jenis usaha yang dijalankan
  • Produk dan jasa yang ditawarkan (lengkap dengan penjelasan mengenai masing-masing produk)
  • Kelebihan perusahaan: mengutarakan mengenai mengapa calon konsumen sebaiknya menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan
  • Daftar klien
  • Galeri foto dan testimonial: kelihatan sepele, namun cukup penting untuk menarik minat calon konsumen
  • Contact person: memuat nama dan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk informasi lebih lanjut

Bagaimana Agar Company Profile Tampak Menarik

Yang terpenting dari sebuah company profile adalah isinya. Namun yang tak kalah penting adalah penampilan dari company profile itu sendiri. Penampilan company profile yang menarik dapat dikatakan untuk menimbulkan kesan pertama yang memikat.

Yang menarik dari penampilan company profile sangat ditunjang oleh company profile template yang digunakan. Template ini adalah desain dasar yang digunakan untuk seluruh bagian dari sebuah company profile.

Sebaiknya memang menggunakan template yang didesain sendiri oleh perusahaan yang bersangkutan. Alasannya, untuk memperkuat branding. Company profile template yang baik tentu sebaiknya diselaraskan dengan logo perusahaan.

Namun jika belum dapat mendesain template sendiri, bisa menggunakan template yang bisa didapatkan di internet. Tapi hati-hati, pilihlah template yang tidak pasaran, agar image perusahaan tidak tertukar dengan perusahaan lain.

Bisa juga menggunakan desain template yang berbayar. Anda bisa mendapatkan desain template ini di Template Presentasi yang menarik dan mudah untuk diedit. Desain template berbayar dapat membuat desain company profile menjadi lebih eksklusif.


Berbagi itu indah. Klik untuk share.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bantuan? Chat via WA