Kalimat Pembuka Presentasi Skripsi yang Benar

Setiap mahasiswa yang mau lulus kuliah, harus berhadapan dengan ujian sidang skripsi sebagai tugas akhir. Saat ujian sidang itu, tentu saja materi skripsi yang pemahamannya akan mendapatkan porsi nilai yang paling tinggi.

Tapi, jangan lupakan dengan aspek yang persentase poinnya lebih kecil, karena tetap akan mempengaruhi penilaian secara keseluruhan.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah tatakrama di depan dosen penguji dan saat membuka presentasi skripsi. Di beberapa kampus, membuka presentasi skripsi dengan baik, bisa mendapatkan persentase poin sampai 30 persen.

Lumayan kan …?

Oleh karena itu, pemilihan kalimat pembuka presentasi harus tepat. Kalimat pembuka presentasi bisa menjadi tolok ukur, apakah seorang mahasiswa itu benar-benar siap menghadapi ujian sidang atau tidak.

Kalimat pembuka presentasi skripsi yang baik juga dapat menunjukkan apakah seorang mahasiswa siap mempertanggungjawabkan isi skripsinya atau tidak.

Tips Kalimat Pembuka Skripsi yang Benar

Berikut adalah tips mempersiapkan kalimat pembukaan presentasi skripsi yang baik:

  • Ucapkan Salam Pembuka

Untuk salam pembuka ini, bisa menggunakan salam menurut agama dan kepercayaan masing-masing, atau bisa juga menggunakan salam pembuka yang sifatnya lebih universal. Lalu, dilanjutkan dengan ucapan terima kasih untuk para dosen penguji dan mungkin rekan-rekan yang sudah berkenan hadir.

Contoh:

Assalammuˊalaikum/ Salam sejahtera/ atau yang lainnya,

Selamat pagi/siang dan terima kasih kepada para dosen penguji (sebutkan namanya satu per satu) yang sudah berkenan hadir di sini. Terima kasih juga untuk teman-teman yang sudah hadir untuk menyaksikan dan mendukung saya di sini, dan seterusnya (jika ujian sidang dilangsungkan secara terbuka, baik offline maupun online).

Terima kasih juga karena saya sudah diberi waktu dan kesempatan untuk menjalani ujian sidang skripsi pada hari ini.

  • Sebutkan Tanggal dan Judul Penelitian

Contoh:

Pada pagi/siang hari, (sebutkan hari dan tanggalnya), ini saya akan mempresentasikan skripsi saya yang berjudul …(sebutkan).

Alasan saya memilih judul itu adalah karena …(sebutkan rumusan masalah, latar belakang dan tujuan penelitian).

Mengapa penting untuk mengatakan hari dan tanggal saat diadakannya ujian sidang skripsi itu? Karena hal itu bisa menjadi tanda bahwa kita benar-benar siap untuk menjalani ujian online tersebut.

  • Sebutkan poin-poin penting yang ada di dalam skripsi

Contoh:

Pada pagi ini saya hendak membahas mengenai manfaat dan tujuan penelitian yang sudah saya lakukan selama beberapa bulan terakhir ini. Selain itu, saya juga akan menjelaskan mengenai metodologi penelitian yang saya gunakan, dan seterusnya.

Yang paling penting saat pembukaan presentasi skripsi adalah membuat para dosen penguji menyimak isi presentasi dari awal sampai selesai.

Selain kalimat pembuka, yang tak kalah penting dalam membuka presentasi skripsi ini adalah bahasa tubuh kita. Usahakan untuk berdiri tegak (jika ujian sidang skripsi dilakukan secara offline), atau duduk dengan postur tubuh tegak di depan laptop (jika ujian dilakukan secara online).

Sikap tubuh kita saat menjalani ujian sidang skripsi ini dapat menunjukkan bahwa kita menghargai sidang skripsi yang sedang berlangsung, menghargai audiensnya (baik dosen penguji, maupun teman-teman kuliah kamu yang ikut menonton).

Sikap tubuh yang baik juga menunjukkan kepercayaan diri kita terhadap materi skripsi yang akan kita bawakan.

Jangan lupa juga untuk mengenakan pakaian rapi, sesuai dengan syarat yang sudah ditetapkan oleh pihak kampus. Walaupun ujian sidang dilakukan secara online, pakaian rapi sesuai aturan tetap harus dilakukan.

Usahakan juga untuk melakukan kontak mata dengan para dosen penguji. Kontak mata ini dapat menunjukkan rasa percaya diri, sekaligus penghargaan kita kepada mereka.

Agar presentasi saat ujian sidang skripsi dapat berjalan dengan lebih baik, buatlah slide pendukungnya. Untuk slide pembukaan, tampilkan judul skripsi dengan jelas, juga nama lengkap mahasiswa pembuatnya.

Untuk dapat lebih menarik perhatian para dosen penguji, dapat juga memulai presentasi isi skripsi dengan menampilkan data atau fakta yang menarik. Akan lebih baik jika data dan fakta itu berhubungan erat dengan judul penelitian yang dilakukan.

Buatlah slide presentasi skripsi dengan singkat dan jelas. Tuliskan poin-poinnya saja, karena penjelasan lebih rinci akan disampaikan melalui pemaparan kamu secara verbal. Gunakan juga desain slide yang menarik dan simple.

Untuk mendapatkan desain template presentasi skripsi yang menarik, ada di Template Presentasi.

Template skripsi di website ini tidak hanya mudah diedit tetapi juga sudah mengkuti kaidah struktur presentasi siding skripsi yang benar beserta contoh isinya, sehingga kamu akan mudah menyesuaikannya dengan materi skripsi kamu.

Dengan pembelian yang mudah, cukup klik disini, klik “beli”, isi data dan pilih metode pembayaran digital maka link download template skripsi otomatis terkirim melalui email kamu.

Itulah tips membuka presentasi skripsi yang baik. Jangan lupa untuk berdoa dan mempersiapkan mental sebelum ujian skripsi, agar ujian bisa berlangsung lebih lancar.

Good luck! (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bantuan? Chat via WA