Rahasia Garap Skripsi Cepat Sesuai Target

Kalau sudah waktunya membuat skripsi, pasti rasanya gado-gado. Excited karena itu artinya masa menjadi mahasiswa hampir selesai. Tapi, biasanya juga sekaligus jadi malas karena membayangkan proses membuat skripsi yang susah-susah gampang.

Yang segera terbayang biasanya adalah harus mengejar-ngejar dosen pembimbing, apalagi yang super sibuk, sehingga sulit ditemui. Belum lagi harus mengadakan penelitian, mengkaji hasil penelitian yang sudah dilakukan, sampai nanti harus mencari atau mendesain template PPt untuk sidang skripsi dan membuat PPt skripsi yang keren.

Hei, jangan kebanyakan berpikir yang rumit dan sulit. Sebaiknya pikirkan saja step- by step. Mulai dari memikirkan tema skripsi, menyiapkan daftar referensi, metode penelitian, sampai mengetik naskah skripsi sampai selesai.

Kalau dipikirkan satu per satu, pasti tidak akan berat. Sebaiknya juga buatlah time table khusus untuk mengerjakan skripsi. Beri target untuk dirimu sendiri, mau berapa lama mengerjakannya.

Kalau ada target dan deadline yang jelas, maka kamu akan merasa lebih bersemangat saat mengerjakan skripsi tersebut.

Yang paling penting, kuatkan niat bahwa saat ini kamu harus mengerjakan skripsi. Kalau skripsi selesai dan kamu berhasil lulus, maka langkahmu menuju kesuksesan berkarier sesuai impian akan semakin mendekati kenyataan.

Tips Mengerjakan Skripsi Agar Sesuai Deadline

Oke, deadline sudah kamu buat. Sekarang, kamu harus mengumpulkan segenap niat dan kekuatannya untuk menepatinya. Sebab kalau kamu melenceng dari deadline yang sudah kamu tetapkan sendiri, maka kamu akan semakin malas dan skripsimu akan semakin tertunda.

Ada beberapa tips untuk mengerjakan skripsi biar segera selesai.

  1. Pilih tema yang paling pas dengan dirimu

Tema yang pas dengan dirimu adalah tema skripsi yang paling kamu pahami, kuasai dan senangi. Tidak perlu mencari-cari tema skripsi yang wah, hanya agar kelihatan pintar. Sebuah tema yang sederhana, kalau dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan kreatif, bisa menjadi hasil skripsi yang luar biasa.

Ingat, tema skripsi yang paling baik itu ada pada skripsi yang selesai. Percuma mencari tema yang terlihat ‘berat’, tapi akhinya malah tidak selesai-selesai.

Ada baiknya tema skripsi ini sudah dipersiapkan sejak kamu berada di semester tiga atau empat. Jadi, kamu punya sangat banyak waktu untuk mencari referensinya, juga mencicil untuk melakukan riset.

  • Tentukan deadline untuk setiap bab

Inilah pentingnya membuat time table. Kamu harus menentukan tenggat waktu untuk setiap bab skripsimu. Hal ini sangat penting agar kamu tidak ogah-ogahan kalau ada bab atau bagian yang rasanya lebih sulit untuk dikerjakan.

Lalu, usahakan untuk selalu mematuhi setiap deadline yang telah dibuat sendiri. Kalau perlu, beri peringatan pada diri sendiri, jika muncul rasa malas.

Misalnya, katakan pada diri sendiri bahwa kalau sampai tidak menepati satu deadline saja, maka kesempatanmu untuk jadi orang sukses akan berkurang. Bukankah semakin cepat lulus, berarti kamu bisa semakin cepat mengejar impianmu jadi orang sukses?

  • Alokasikan waktu setiap hari untuk mengerjakan skripsi

Beberapa di antara kamu yang mungkin sudah melakukan magang atau praktek kerja Artinya, kamu sudah terbiasa dengan ‘jam kerja’.

Mengapa itu tidak dimanfaatkan?

Selesai praktek kerja, teruskan kebiasaan ‘ngantor’ itu untuk mengerjakan skripsi. Maksudnya, kerjakan skripsimu seperti kamu sedang bekerja di kantor. Setiap hari Senin sampai Jumat, kamu bisa mengerjakan skripsi setiap pukul sembilan pagi sampai empat sore.

Terasa melelahkan? Memang. Tapi, hasilnya akan cukup dirasakan. Skripsimu mungkin saja selesai lebih cepat daripada deadline yang ditetapkan.

Kalau kamu harus menemui dosen pembimbing di luar ‘jam kantor’ itu, anggap saja hal itu sebagai lembur.

Kerjakan skripsi di tempat yang kamu anggap paling nyaman, sehingga kamu betah berada di sana selama berjam-jam untuk bekerja.

Tapi, jangan lupa untuk meluangkan waktu beristirahat, agar kamu selalu sehat dan bugar.

  • Jaga hubungan baik dengan dosen pembimbing

Enaknya sudah mempunyai tema skripsi jauh-jauh hari sebelum waktunya tiba adalah, kamu bisa sedikit lebih leluasa untuk memilih dosen pembimbing. Dengan begitu, kamu bisa mencoba untuk lebih mengenalinya.

Cari tahu mengenai karakter si dosen pembimbing, biar kamu bisa mencari cara yang pas untuk ngobrol dengannya.

Perhatikan juga setiap masukan yang dia berikan. Gunakan kata-kata yang sopan waktu menghubunginya lewat telepon. Usahakan juga untuk selalu tepat waktu, sesuai waktu yang dia berikan kepadamu.

Kalau dosen pembimbingmu itu pernah menulis buku atau jurnal, kamu bisa menggunakannya sebagai referensi, kalau memang memungkinkan. Tapi kalau tidak, sesekali saat menemuinya, kamu bisa membawa bukunya dan membacanya selagi menunggu dia menemuimu.

  • Fokus pada diri sendiri

Saat kamu sedang mengerjakan skripsi, mungkin ada teman-teman lain yang justru sedang mempersiapkan wisuda. Well, jangan berkecil hati. Justru kamu harus menjadikan hal itu sebagai penyemangat, agar kamu bisa segera lulus seperti mereka.

Kamu juga bisa sering datang ke acara wisuda teman-temanmu, baik yang sekampus maupun tidak. Hal itu bisa menjadi pendorong bagimu untuk juga segera mengikuti wisuda.

  • Kurangi waktu bersenang-senang

Bukan berarti kamu tidak boleh bersenang-senang, hanya mengurangi durasinya saja. Itulah sebabnya, gunakan ‘jam kantor’ untuk mengerjakan skripsi.

Setiap hari Senin sampai Jumat, kamu harus menyibukkan diri untuk menyelesaikan skripsi. Lalu di hari Sabtu dan Minggu, atau pas tanggal merah, kamu bisa beristirahat sejenak dan hang out bersama teman-teman.

Tapi, di musim wabah seperti ini, toh kamu sebaiknya tidak keluar rumah kalau tidak perlu. Kamu bisa menggunakan waktu ‘istirahat’ itu untuk menonton film atau menjalankan hobimu.

  • Beri penghargaan untuk dirimu sendiri

Saat mulai memasuki salah satu deadline, berikan janji untuk menghargai diri sendiri kalau berhasil menepatinya. Misalnya, kamu menargetkan waktu dua minggu untuk merevisi satu bab. Kalau itu bisa ditepati, maka kamu ingin makan bakso kesukaanmu.

Tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk menghargai diri sendiri. Yang penting hal itu cukup menjadi penyemangat bagimu untuk segera menyelesaikan skripsi.

Tidak terlalu berat kan tipsnya? Yang penting, segera selesaikan skripsimu karena kamu juga masih harus mempersiapkan diri untuk menghadapi sidang skripsi.

Untuk menghadapi ujian sidang skripsi nanti, kamu bisa melihat-lihat dulu template presentasi skripsi yang disediakan oleh Template Presentasi. Beragam desain template skripsi yang menarik ada di sana.

Kamu juga bisa mulai melihat-lihat contoh Ppt sidang skripsi kualitatif atau contoh Ppt sidang skripsi kuantitatif untuk mulai sedikit-sedikit mempersiapkan materi sidang skripsi nanti.

Selamat berjuang! (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bantuan? Chat via WA