Panduan Cara Membuat Slide Presentasi Sidang Skripsi

Setiap mahasiswa pasti akan sangat deg-degan saat menghadapi presentasi sidang skripsi. Tentu saja, karena ujian sidang skripsi sangat menentukan nasibnya, apakah bisa lulus dengan baik atau tidak.

Ujian sidang skripsi adalah saat ketika seorang mahasiswa harus mempertanggungjawabkan isi skripsi yang telah dibuatnya. Penampilannya saat ujian sidang, yaitu ketika mempresentasikan isi skripsnya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para dosen penguji itulah yang menentukan apakah dia akan lulus atau tidak. Selain itu juga apakah nilainya baik atau tidak.

So, berarti ujian sidang skripsi adalah moment yang sangat penting dalam perjalanan seorang mahasiswa. Makanya, harus dipersiapkan semaksimal mungkin.

Setiap mahasiswa pasti ingin lulus dan mendapatkan nilai yang baik atau memuaskan. Maka, tentu saja banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum saat itu tiba.

Selain mempersiapkan diri untuk presentasi, yaitu dengan sungguh-sungguh memahami isi skripsi yang sudah dibuatnya, hal penting lain yang harus dilakukan adalah membuat slide presentasi skripsi.

Slide presentasi adalah alat pendukung yang sangat penting. Dengan bantuan slide presentasi ini,  maka audiens akan terbantu untuk lebih memahami materi presentasi yang disampaikan.

Ada dua poin penting yang harus diperhatikan ketika membuat slide presentasi untuk ujian skripsi, yaitu:

  1. Struktur konten

Jadi, dalam slide presentasi skripsi itu, struktur kontennya harus runtut dan rapi. Apa saja yang akan ditampilkan di dalam slide harus benar-benar merupakan informasi atau pesan yang sangat penting. Hal ini karena waktu yang diberikan untuk presentasi skripsi hanya sebentar, yaitu sekitar 15-20 menit saja.

Dengan struktur konten yang runtut, maka audiens, dalam hal ini khususnya para dosen penguji, akan lebih mudah untuk mengikuti laur presentasi yang disampaikan.

Selain itu, konten slide presentasi yang runtut juga akan sangat membantu kita saat menyampaikan presentasi. Slide presentasi dapat membantu mengingatkan kita tentang bagian apa yang harus disampaikan.

  • Desain slide

Desain slide presentasi skripsi harus menarik. Selain itu, tata letak teks, gambar, atau grafik yang dimuat di dalamnya juga harus ditata sedemikian rupa. Tujuannya, untuk memudahkan para dosen penguji untuk membaca dan memahaminya.

Cara Membuat Slide Presentasi Sidang Skripsi

Untuk membuat slide presentasi skripsi yang efektif,  ada tiga tahap yang perlu dilakukan. Tahap pertama adalah membuat konsep presentasi skripsi. Konsep ini adalah gambaran tentang pesan atau informasi yang akan disampaikan pada saat presentasi skripsi.

Cara membuat konsep presentasi ini adalah menuliskan poin-poin penting yang ada dalam skripsi kita. Poin-poin penting itu antara lain adalah latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, jenis penelitian, subjek penelitian, variabel penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisa data, hasil penelitian, kesimpulan dan saran (rekomendasi).

Susunlah poin-poin penting ini sedemikian rupa, sehingga mendapatkan gambaran ringkas yang bisa mewakili keseluruhan isi skripsi kita.

Lalu, tahap yang kedua adalah membuat struktur presentasi skripsi. Hal ini sangat penting agar kita bisa menyampaikan presentasi dengan baik dan terstruktur. Jadi, nantinya dosen penguji dapat mengikuti alur presentasi dengan baik.

 Untuk membuat struktur presentasi, dimulai dengan membuat outline. Outline ini gambaran mengenai apa saja pesan atau informasi yang ingin disampaikan pada setiap poin penting dalam konsep tadi.

Setelah membuat outline, kemudian dibuat sketsa. Sketsa ini adalah rancangan bagaimana setiap informasi atau pesan yang sudah ditentukan dalam konsep outline tadi akan ditempatkan dalam setiap slide. Sketsa perlu dibuat karena akan membantu kita untuk memperoleh gambaran ringkas mengenai keseluruhan isi skripsi.

Kemudian tahap yang ketiga adalah membuat desain slide presentasi skripsi itu sendiri. Yang penting dalam membuat desain ini adalah kesederhanaan dan kejelasan.

Sederhana maksudnya adalah desain slide yang tidak terlalu rumit. Selain itu, kalimat atau rangkaian kata-kata yang digunakan juga tidak terlalu panjang dan haruslah mudah untuk dipahami.

Sedangkan jelas maksudnya adalah menggunakan huruf dan warna yang nyaman untuk dilihat dan mudah untuk dibaca. Untuk itu, harus diciptakan kontras yang baik dalam slide presentasi skripsi tersebut.             Mengenai desain untuk slide presentasi skripsi, bisa menggunakan desain yang disediakan oleh Template Presentasi. Desain tersebut sangat mudah untuk diedit sesuai dengan kebutuhan. Ada pula beragam desain yang sudah disesuaikan untuk presentasi skripsi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bantuan? Chat via WA