Cara Membuat Presentasi Tugas Akhir yang Menarik dan Kekinian

Untuk para mahasiswa, tugas akhir bisa jadi adalah tugas yang paling mendebarkan. Tugas itu adalah tugas terakhir, tapi yang paling menentukan. Kalau tugas akhirnya dapat nilai bagus, bisa lulus. Tapi kalau tidak, berarti tugasnya harus diulang.

Yang menentukan apakah tugas akhir itu bisa membuat seseorang lulus atau tidak, biasanya adalah pada saat mempresentasikannya di depan para dosen penguji. Ada mahasiswa yang membuat tugas akhirnya dengan baik, tapi tidak bisa mempresentasikannya dengan baik dan akhirnya gagal lulus.

Sayang sekali, kan?

Jadi, walaupun skripsi atau tugas akhir harus dibuat dengan sebaik-baiknya, jangan lupakan saat harus mempresentasikannya di ujian siding.

Persiapan adalah kuncinya. Materi harus berkualitas, tapi harus juga diimbangi dengan slide presentasi skripsi atau tugas akhir yang baik dan menarik. Jangan lupa juga untuk melatih diri membawakan presentasi yang efektif, karena ini juga akan jadi poin yang dinilai.

Agar presentasi skripsi atau tugas akhir lebih menarik, kita harus menyiapkan slide pendukungnya. Slide ini berisi poin-poin penting dari materi tugas akhir. Tujuannya, agar para dosen penguji lebih memahami isi tugas akhir kita.

Tentu saja, slide presentasi tugas akhir harus dibuat semenarik mungkin. Kalau tidak, maka akan membuat dosen penguji cepat bosan. Kalau mereka bosan mendengarkan presentasi kita, maka mereka tidak akan bisa memahami isi tugas akhir itu.

Tips Membuat Slide Presentasi yang Menarik dan Kekinian

Desain template slide presentasi haruslah menarik. Salah satu ciri desain yang menarik adalah yang kekinian. Desain menarik yang kekinian ini bisa menjadi salah satu faktor agar dosen penguji tidak cepat bosan dan tetap fokus saat mendengarkan kita mempresentasikan tugas akhir tersebut.

Selain desain, tentu isi dari slide presentasi juga sangat penting. Semakin singkat isinya, maka slide akan semakin efektif, karena tidak akan menyita perhatian para audiens. Tapi, walaupun singkat, tapi isi slide presentasi juga harus padat dan jelas.

Untuk membuat slide presentasi yang menarik, kuncinya ada tiga, yaitu:

  1. Simpel
  2. Clarity
  3. Visual

Yuk, kita bahas satu per satu!

1. Simpel

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat slide presentasi yang simple atau sederhana, yaitu:

  • Cantumkan hanya kata kuncinya saja dari setiap informasi yang akan ditampilkan
  • Hindari bullet points

Bullet points hanya akan membuat perhatian dosen penguji lebih fokus pada slide, bukan pada isi presentasi yang sedang disajikan.

  • Gunakan jenis dan ukuran font yang tepat

Semua informasi yang ditampilkan pada slide presentasi harus terbaca dengan jelas oleh semua dosen penguji.

  • Gunakan foto, gambar, atau video yang bisa memperjelas pesan dari informasi yang ingin disampaikan
  • Satu slide hanya berisi satu pesan atau informasi penting agar slide lebih efektif dan kuat secara visual

2. Clarity

Clarity adalah kejelasan. Jadi, slide presentasi tugas akhir haruslah mampu untuk membantu menjelaskan tentang isi materi tugas akhir kita secara keseluruhan.

Jadi, isi slide memang harus jelas. Jangan sampai isi slide presentasi tugas akhir ini justru membuat audiens, khususnya para dosen penguji, malah jadi bertanya-tanya, apa sebetulnya isi materi tugas akhir kita.

Selain itu, isi slide presentasi tugas akhir juga harus dibuat sedemikian rupa, sehingga apa yang dipikirkan pada saat audiens membacanya, sama dengan apa yang dipikirkan oleh kita. Slide presentasi akan jadi tidak efektif, jika malah membuat audiens memiliki pemahaman yang berbeda setelah membacanya.

Agar slide presentasi tugas akhir kita jelas, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti:

  • Slide harus bersih dari hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasi atau fokus para audiens yang membacanya
  • Pastikan jarak antar teks, juga antara teks dengan gambar, agar nyaman untuk dilihat dan dibaca
  • Perhatikan keseimbangan komposisi setiap isi slide
  • Buat slide pengulangan atau repetition untuk informasi atau pesan yang memang sangat penting untuk dipahami oleh para audiens

3. Visual

Slide presentasi tugas akhir sama seperti slide presentasi pada umumnya, yaitu harus punya kesan visual yang kuat.

Slide yang punya kesan visual yang kuat adalah slide yang bisa mempengaruhi perasaan audiens dan membuat audiens memahami pesan yang disampaikan.

Nah, agar slide presentasi tugas akhir kita memiliki kesan visual yang kuat, maka perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pesan yang ingin disampaikan harus tersurat atau tersirat, misalnya dengan menggunakan gambar atau ikon yang mewakili
  • Slide harus enak dilihat dan dibaca oleh para dosen penguji
  • Slide harus menarik

Untuk bisa membuat slide seperti di atas, bisa menggunakan template desain slide skripsi atau tugas akhir yang bisa diperoleh di internet, antara lain di Template Presentasi. Desain template dari Template Presentasi ini sangat mudah untuk diedit.

Dengan menggunakan template desain slide presentasi, maka tugas kita untuk mempersiapkan presentasi tugas akhir tersebut akan lebih mudah. Jadi, kita bisa lebih fokus untuk mempersiapkan diri, untuk bisa menyampaikan presentasi dengan baik.

Membuat slide presentasi tugas akhir dengan menggunakan template, maka tugas kita tinggal mengeditnya, sesuai dengan kebutuhan.  Tampilan slide presentasi kita juga akan tampak lebih professional dan yang pasti, kekinian. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bantuan? Chat via WA