Isi Company Profile Perusahaan Begini Seharusnya!

Company profile adalah satu dokumen yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Company profile adalah informasi mengenai gambaran umum bisnis perusahaan, yang ditujukan pada klien atau investor.

Isi sebuah company profile bisa saja berbeda-beda, tergantung ditujukan untuk siapa. Sebuah perusahaan bisa saja membuat company profile yang isi poinnya berbeda-beda, disesuaikan akan ditujukan pada klien atau calon investor yang mana. Yang pasti, isinya harus menggambarkan keadaan perusahaan yang sesungguhnya.

Isi company profile sangat penting untuk diperhatikan, karena company profile adalah salah satu sarana untuk menunjukkan citra perusahaan. Maka, dapat dikatakan bahwa company profile termasuk tool marketing yang tidak boleh dilupakan.

Selain ini, yang paling penting saat membuat company profile adalah tampilan visualnya. Oleh karena itu, desain template company profile juga harus dibuat dengan sebaik-baiknya. Desain template company profile ini harus menggambarkan karakter perusahaan.

Untuk contoh company profile perusahaan yang menarik, bisa dilihat di internet. Jika akan membuat company profile perusahaan, selain melihat isi contoh company profile, perhatikan juga desain templatenya dan format company profile yang diinginkan.

Beginilah Isi Company Profile yang Seharusnya

Seperti apa isi company profile yang seharusnya itu?

Ini dia jawabannya:

1. Sejarah Perusahaan

Di bagian sejarah perusahaan ini dituliskan berbagai informasi mengenai latar belakang berdirinya perusahaan, seperti kapan perusahaan berdiri, siapa pendirinya dan siapa saja jajaran direksi yang memulai perusahaan, serta perkembangan perusahaan dari tahun ke tahun.

Tidak perlu terlalu detail dalam menuliskan informasi seputar sejarah perusahaan ini. Yang paling penting adalah pembaca company profile ini dapat mengetahui dan memahami mengenainya dan bagaimana perusahaan mengalami perkembangannya.

2. Visi dan Misi Perusahaan

Klien dan calon investor perlu mengetahui visi dan misi perusahaan, sebelum memutuskan untuk menjalin hubungan kerjasama.

Visi dan misi perusahaan menunjukkan bahwa perusahaan memiliki komitmen untuk selalu melakukan yang terbaik untuk pelanggan dan mitra bisnisnya.

Dengan adanya visi dan misi yang jelas, maka perusahaan dapat menentukan langkah-langkah yang harus ditempuhnya agar selalu cermat dan terarah.

Visi dan misi juga menunjukkan bahwa perusahaan memiliki perencanaan yang matang, yang bisa dilihat sebagai jaminan kelanjutan bisnis di masa yang akan datang. Ini akan menumbuhkan kepercayaan dari para calon pelanggan dan investor.

3. Struktur Perusahaan

Dalam company profile perlu ditunjukkan struktur perusahaan, yang terdiri dari jajaran direksi, staf dan jumlah karyawan yang terlibat dalam operasionalnya.

Perlu juga dituliskan peran dan tanggung jawab orang-orang yang namanya tertera dalam company profile tersebut. Tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa perusahaan tersebut dijalankan oleh orang-orang yang kompeten.

4. Laporan Keuangan

Mengapa hal ini penting dicantumkan di dalam company profile? Karena hal itu akan memberikan gambaran kepada pembaca mengenai perkembangan perusahaan dari tahun ke tahun.

Laporan keuangan ini khususnya sangat penting jika perusahaan ingin bermitra dengan perusahaan lain. Tentu perusahaan lain akan memilih untuk bermitra dengan perusahaan yang kondisi keuangannya sehat.

Selain itu, laporan keuangan juga sangat penting jika perusahaan ingin menarik minat calon investor.

Di dalam laporan keuangan  ini dicantumkan aset perusahaan, keuntungan dan pendapatan tahunan perusahaan.

5. Kontak

Kontak di sini maksudnya adalah media yang dapat dihubungi oleh klien, calon pelanggan, atau mungkin investor yang berminat untuk menjalin kerjasama.

Di dalam kontak dicantumkan nama contact person yang siap sedia untuk dihubungi, nomor telepon, alamat email, serta alamat kantor yang dapat dikunjubgi.

Semakin mudah perusahaan itu dihubungi, maka akan semakin menarik minat para klien untuk bekerja sama atau menggunakan produknya.

6. Prestasi dan Galeri

Jika perusahaan pernah mendapatkan penghargaan, sebaiknya dicantumkan di dalam company profile perusahaan. Tujuannya adalah untuk menunjukkan keunggulan dan menarik kepercayaan dari klien.

Sedangkan galeri bisa diisi foto-foto kegiatan penting yang pernah dilakukan oleh perusahaan, khususnya yang berhubungan dengan kepentingan publik.

7. Rencana Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Bagian ini sangat penting dicantumkan di dalam company profile perusahaan yang dibuat untuk mendapatkan investor.

Isinya bisa mencakup rencana pemasaran dan inovasi yang bisa ditawarkan kepada publik dalam waktu dekat.

Semakin jelas dan realistis rencana yang dimiliki oleh perusahaan, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan investor.

Perhatikan Desain Format Company Profile

Untuk melihat desain company profile, dapat melihat contoh company profile perusahaan yang banyak terdapat di internet.

Di internet juga bisa ditemukan banyak desain menarik yang dapat digunakan untuk membuat company profile, khususnya untuk perusahaan baru yang belum sempat membuat desain template.

Pilihlah desain template company profile yang menarik dan tampak professional. Jika akan dicetak, gunakan kertas yang berkualitas dan tidak murahan.

Untuk penulisan isi company profile itu sendiri, gunakan bahasa yang baik dan benar. Sesuaikan kata-kata yang digunakan dengan calon pembaca company profile tersebut. Tulis company profile dengan kalimat-kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti.(*)  

2 thoughts on “Isi Company Profile Perusahaan Begini Seharusnya!

  1. Erich WICAKSONO says:

    Selamat siang Bapak/Ibu.
    Saya baru saja beli paket Smart Preesentation Pro.
    Apakah didalamnya ada template presentasi compro?.

    Salam,
    EW.

    • Utami Isharyani says:

      Selamat Siang Pak Erich,

      Template Smart Presentation Pro di desain untuk beragam kebutuhan termasuk company profile.
      Terima kasih atas order dari Pak Erich, semoga sukses.

      Regards,
      Tim TemplatePresentasi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bantuan? Chat via WA