Contoh Company Profile (Profil Perusahaan) & Cara Membuatnya

Company profile adalah deskripsi perusahaan secara ringkas, yang dapat menggambarkan kualitas dan fokus kerja sebuah perusahaan. Company profile perusahaan biasanya dibuat ketika perusahaan akan mengajukan penawaran, baik kepada calon konsumen, mitra bisnis, atau calon investor.

Membuat company profile bagi perusahaan adalah keharusan, jika perusahaan tersebut ingin dikenal dan mendapat perhatian dari khalayak. Tentu saja, company profile perusahaan tidak boleh dibuat asal-asalan.

Beberapa perusahaan bahkan menyerahkan pembuatan company profile perusahaannya kepada pihak lain, dengan biaya yang tidak murah. Selain demi image perusahaan, sebuah company profile yang terlihat professional dapat membantu kelancaran bisnis.

Tapi, membuat company profile yang terlihat bonafit ternyata tidak perlu dengan harga mahal. Asalkan diolah dengan kreativitas, sebuah company profile template yang dapat diperoleh secara gratis di internet juga bisa menjadi company profile yang baik.

Contoh company profile yang dibuat dengan desain template gratisan juga banyak bisa ditemukan di internet. Begitu juga dengan tutorial cara pembuatannya.

Yang paling penting dalam membuat company profile perusahaan adalah dengan memperhatikan format company profile. Format isi company profile yang penting adalah:

  • Cover Depan

Cover depan ini isinya adalah nama dan logo perusahaan. Cover depan harus ada dalam sebuah company profile karena fungsinya adalah untuk membuat pembacanya tertarik dengan identitas awal perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, cover depan sebuah company profie harus dibuat dengan desain yang benar-benar eye catchy, untuk menarik minat pembaca membuka dan membaca halaman berikutnya.

  • Kata Pengantar

Dibuat singkat saja, sebagai pengenalan awal kepada perusahaan.

  • About Us

Bagian ini juga sangat penting, karena berisi mengenai informasi dasar sebuah perusahaan. Mulai dari sejarah, latar belakang perusahaan, jenis usaha yang dijalankan, alamat dan nomor kontak.

  • Visi dan Misi Perusahaan

Sebuah perusahaan wajib memiliki visi dan misi yang jelas. Visi adalah gambaran yang diberikan perusahaan kepada para klien mengenai cita-cita atau tujuan besar perusahaan tersebut.

  • Anggota Tim

Anggota tim yang dimaksud di sini adalah orang-orang yang sangat berperan dalam perusahaan. Selain nama dan jabatannya, sebutkan juga secara singkat mengenai kualifikasi dan tanggung jawab mereka masing-masing. Tujuannya adalah agar klien bisa mengetahui dengan siapa mereka nanti harus berurusan jika memutuskan untuk bermitra dengan perusahaan itu.

  • Produk/Jasa

Produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan harus dijelaskan di dalam company profile, khususnya yang dapat menarik perhatian dan minat para klien.

  • Why Us?

Isi bagian ini adalah kelebihan dari produk/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Intinya adalah alasan-alasan mengenai mengapa klien sebaiknya memilih untuk bermitra dengan perusahaan tersebut.

  • Daftar Klien

Hal ini sangat penting untuk menunjukkan kredibiltas perusahaan. Semakin banyak dan bonafit klien yang pernah atau sedang bermitra dengan perusahaan, tentu akan semakin memperkuat kredibiltasnya. Klien yang lain tentu akan semakin tertarik untuk menjalin kerja sama.

  • Galeri Foto

Bagian ini sebenarnya opsional saja. Tujuan dari galeri foto adalah menambah ketertarikan para pembaca.

  • Testimonial

Selain daftar klien, dapat juga ditambah testimo dari para klien perusahaan. Tujuannya juga untuk semakin membuat perusahaan terlihat menarik di mata para klien.

  • Cover Belakang

Di bagian ini, cantumkan lagi nomor kontak informasi perusahaan, seperti nama contact person, nomor telepon, alamat email dan akun media sosial perusahaan.

  • Informasi tambahan

Bagian ini juga bertujuan untuk semakin memperkiat citra perusahaan. Isinya misalnya adalah penghargaan yang pernah diraih perusahaan. Sertifikasi ISO, legalitas dan struktur organisasi perusahaan.

Itu adalah isi dari sebuah company profile.

Selain isi, yang penting dari sebuah company profile adalah desain template yang digunakan. Template dari sebuah company profile dapat menarik minat awal pembaca. Jika desain templatenya menarik, pembaca tentu akan tergelitik untuk membacanya dari awal sampai akhir.

Oleh karena itu, pemilihan desain template company profile harus dilakukan dengan baik. Jika memilih desain template presentasi gratisan, pilihlah yang eye catchy dan tidak pasaran, atau sangat jarang digunakan oleh perusahaan lain.

Jika ingin lebih eksklusif, bisa menggunakan desain template company profile berbayar, seperti yang disediakan oleh Template Presentasi. Selain desainnya menarik, template presentasi company profile dari Template Presentasi juga sangat mudah untuk diedit.

Gunakan jenis huruf yang menarik dan nyaman untuk dibaca. Lengkapi pula dengan foto-foto atau gambar animasi yang menarik, sehingga company profile perusahaan Anda dapat semakin meningkatkan hasil penjualan produk-produk atau jasa yang ditawarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bantuan? Chat via WA