Bagaimana Membuat PowerPoint yang Bagus Untuk Skripsi

Melanjutkan artikel mengenai strategi jitu bagi mahasiswa tingkat akhir, tentunya Anda ingin mengetahui bagaimana membuat slide PowerPoint yang baik untuk skripsi. Terutama saat ujian skripsi dimasa pandemi Covid-19 ini mengharuskan mahasiswa untuk ujian skripsi online, slide presentasi skripsi Anda harus stand out.

Memang, mempresentasikan sesuatu secara online memiliki tantangan yang berbeda jika dibandingkan ketika harus melakukannya secara langsung. Dibutuhkan trik dan alat bantu yang pas, agar ujian sidang skripsi online ini dapat berjalan dengan baik.

Salah satu alat bantu yang sangat penting untuk bisa berhasil baik dalam ujian sidang skripsi online adalah slide. Slide presentasi untuk sidang skripsi ini akan sangat membantu kita untuk menjelaskan isi skripsi kepada para dosen penguji.

Walau tentu saja tidak sesulit saat mengerjakan isi skripsi, tapi membuat slide presentasi skripsi tidak boleh dianggap enteng. Kita harus bisa memilih isinya dengan pas, seperti gambar, grafik, dan teks yang akan ditampilkan.

Sebenarnya, membuat slide untuk presentasi saat ujian sidang skripsi dapat membantu kita untuk mengatur, apa saja yang harus kita sampaikan. Ketika ujian skripsi, kita punya waktu antara 10-20 menit untuk mempresentasikan isi skripsi kita.

Karena waktu yang cukup singkat itu, artinya tidak mungkin semua isi skripsi kita jabarkan kepada dosen penguji, ataupun ditulis dalam bentuk slide. Kita harus memilih bagian penting apa saja yang akan disampaikan.

Selain itu, kita juga harus membuat slide sidang presentasi skripsi yang menarik. Tujuannya, agar yang melihat atau membacanya tidak cepat bosan. Kalau para dosen penguji sampai bosan dengan presentasi kita, tentu itu bukan hal yang baik.

Sebaliknya, jika dosen penguji tertarik untuk menyimak presentasi kita, mereka akan mendengarkan pemaparan kita dengan penuh perhatian. Akibatnya, mereka akan lebih mengerti dengan isi presentasi skripsi tersebut.

Bagaimana cara membuat PowerPoint yang bagus untuk sidang skripsi kita? Apakah template skripsi yang banyak tersedia di dunia maya dapat membantu kita membuat slide presentasi skripsi yang baik?

Langkah Penting dalam Membuat PowerPoint yang Bagus Untuk Skripsi

Ada beberapa langkah atau tahap yang bisa kita lakukan untuk bisa membuat dan menyusun slide skripsi yang baik dan menarik:

  1. Membuat Konsep

Konsep slide presentasi skripsi harus dibuat, karena dengan konsep yang jelas, maka kita akan lebih mudah untuk menyusun isinya.

Konsep ini sebetulnya adalah gambaran mengenai apa yang akan kita sampaikan saat presentasi skripsi.

Cara membuat konsep presentasi skripsi ini adalah, tuliskan dulu poin-poin yang ada di dalam skripsi kita. Poin-poin itu seperti judul, latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan lain-lain. Setelah semua poin dituliskan, maka kita akan mendapatkan gambaran ringkas mengenai isi skripsi secara keseluruhan.

Dari poin-poin yang sudah ditulis tersebut, carilah bagian yang paling penting untuk disampaikan kepada dosen penguji. Bagian ini tentu saja adalah bagian yang paling menjelaskan poin-poin yang terpenting.

Setelah kita sudah bisa mengatur apa saja yang akan disampaikan, maka hal berikut yang dilakukan adalah membuat konsep fisik dari slide presentasi skripsi itu. Konsep fisik ini antara lain menentukan warna template slide skripsi, bagaimana gambar dan grafik akan ditampilkan di dalam slide, jenis huruf atau font apa yang akan digunakan dan apa warnanya.

  • Membuat Struktur

Setelah kita memiliki konsep mengenai slide presentasi skripsi, hal berikut yang harus kita lakukan adalah membuat struktur presentasi skripsi. Tujuan pembuatan struktur presentasi skripsi ini adalah untuk membantu kita saat melakukan presentasi. Menyampaikan presentasi perlu struktur yang jelas, agar apa yang kita katakan dapat lebih mudah dimengerti dan dipahami oleh para dosen pembimbing.

Untuk membuat struktur presentasi skripsi, dimulai dengan membuat outline atau kerangka isi presentasi. Di aplikasi PowerPoint sudah tersedia fitur outline mode yang bisa digunakan, jika ingin membuatnya di laptop. Namun, outline ini juga bisa dikerjakan dengan tulisan tangan di atas kertas.

Tuliskan kalimat-kalimat yang ingin ditampilkan di dalam slide. Sebagai langkah awal, tulis dulu semuanya. Panjang juga tidak apa-apa. Yang penting, tuliskan dulu apa yang ingin disampaikan.

Setelah itu, pilih gambar atau grafik yang digunakan dalam skripsi, mana yang ingin ditampilkan di dalam slide.

Sesudah itu, sortir lagi kalimat-kalimat yang benar-benar penting untuk disampaikan kepada dosen penguji. Perhitungkan waktunya, sehingga kita  bisa benar-benar memilih teks isi slide yang tepat. Lakukan juga dengan gambar dan grafik, mana yang betul-betul mendukung hasil penelitian kita, itulah yang ditampilkan.

Intinya, pada tahap ini kita benar-benar fokus pada isi slide. Tidak perlu dulu memikirkan desain atau template slide skripsi kita.

  • Membuat Sketsa

Setelah kalimat-kalimat atau teks isi skripsi terpilih dengan baik, langkah berikutnya adalah membuat sketsa. Sketsa ini adalah sketsa untuk setiap slide. Misalnya tata letak tulisan, gambar/grafik, letak teks, dan sebagainya.

Tidak setiap slide harus diberi gambar. Yang penting, buatlah satu slide untuk satu pesan atau informasi. Hal ini adalah untuk memudahkan para audiens, yaitu para dosen penguji, untuk lebih memahami isi skripsi kita.

Sebaiknya memang ada gambar yang mewakili isi pesan atau informasi, agar lebih menarik. Tapi ini tidak perlu dipaksakan. Kalau memang tidak ada gambar yang tepat untuk mewakili isi teks, hal itu tidak masalah.

  • Membuat Desain

Setelah konsep dan struktur presentasi terbuat, maka langkah berikutnya adalah membuat desain slide presentasi.

Untuk desain slide skripsi, yang paling penting adalah jelas. Untuk bisa dipahami dengan jelas, maka hindari desain template slide yang terlalu ramai. Sederhana tapi menarik adalah kuncinya.

Agar lebih mudah dipahami, hindari penggunaan bullet points pada teks. Gunakan juga jenis huruf yang mudah dibaca. Selain itu, jangan lupa gunakan kontras, yaitu perbedaan pada elemen-elemen yang penting.

Jika waktu Anda mepet atau Anda tidak ingin memikirkan desain, Anda bisa mencari template presentasi skripsi yang ada di internet, namun jujur saja saat ini masih sangat sedikit template presentasi skripsi yang menerapkan struktur presentasi skripsi dengan baik sehingga lagi-lagi Anda harus banyak merevisinya hingga hampir seperti membuat dari nol.

Nah, karena alasan itulah templatepresentasi.com membuat template presentasi skripsi yang menerapkan kaidah struktur presentasi skripsi yang baik.

Ditambah lagi, Desember besok kami berencana untuk relaunching template presentasi skripsi ini dengan menerapkan fitur-fitur terkini yang dimiliki PowerPoint.

Apa saja itu? ikuti kami di channel YouTube PresentaEdu, serta instagram kami templatepresentasi agar Anda tidak ketinggalan informasi penting ini.

Baca juga artikel cara jitu mempersiapkan ujian sidang skripsi online, semoga sukses!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bantuan? Chat via WA