Tips Adaptasi Belajar Online untuk Mahasiswa Baru

Kesibukan perkuliahan sudah tidak bisa terelakkan meski pandemi Covid-19 belum selesai, dalam kondisi seperti ini tentunya perkuliahan dijalani dari rumah masing-masing dengan sistem online. Beradaptasi dari belajar dengan tatap muka langsung dengan belajar online ternyata tidak mudah.

Bagi para mahasiswa tahun kedua dan seteturnya, perubahan sistem pembelajaran dari tatap muka langsung menjadi belajar online sudah merupakan tantangan. Dan tantangan adaptasi ini dua kali terasa lebih sulit bagi mahasiswa baru.

Bagaimana tidak, sistem belajar di bangku kuliah tentu saja berbeda dengan cara belajar di bangku sekolah menengah. Ditambah lagi dengan sistem pendidikan jarak jauh, bisa jadi semakin menambah beban bagi mereka.

Di bangku kuliah, seseorang dituntut untuk lebih mandiri dalam belajar. Dosen memang memberikan materi dan bimbingan, tapi peran si mahasiswa untuk mencari sendiri sistem belajar yang paling tepat dan wawasan yang lebih dalam juga sangat diperlukan.

Menjadi mahasiswa berarti juga harus siap untuk mengerjakan tugas kuliah yang seabrek. Di masa pandemi seperti sekarang, tugas secara online pastinya lebih mendominasi. Dosen akan sering memberikan tugas untuk membuat makalah yang harus dipresentasikan, baik tugas individual maupun tugas kelompok.

Nah, ada beberapa tips agar bisa lancar melakukan presentasi tugas kuliah online yang bisa dilakukan, seperti:

1. Mempersiapkan Semua Tugas dengan Baik

Carilah informasi sebanyak-banyaknya sesuai tema tugas kuliah yang diberikan. Sebelum presentasi, pastikan agar karya tulis atau makalah yang dibuat itu sesuai dengan instruksi dari dosen yang bersangkutan. Materi tugas juga harus lengkap dan didapat dari sumber referensi yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

Setelah itu, buatlah alur presentasinya. Dimulai dengan membuat pembukaan, bagian isi dan diakhiri dengan penutupan. Tentukan apa yang akan disampaikan pada setiap bagian itu dengan baik, agar presentasi bisa efektif dan efisien, serta mudah dimengerti dan dipahami.

2. Siapkan Slide Presentasi dengan Maksimal

Presentasi tugas kuliah secara online juga membutuhkan slide presentasi yang menarik. Isi dari slide presentasi tugas kuliah ini adalah poin-poin penting tentang materi yang akan disampaikan.

Jadi, pastikan bahwa kamu sudah memahami materi yang akan disampaikan saat presentasi tugas kuliah tersebut. Kemudian, buatlah poin-poin penting atau keywords. Tujuannya adalah untuk membuat dosen dan teman-teman yang menyimak presentasimu ini dapat lebih memahami materi yang sedang disampaikan.

Selain membantu audiens untuk lebih memahami isi presentasi, slide presentasi juga bisa menjadi acuan bagimu ketika menjelaskan materi tugas kuliah itu nantinya.

Yang paling penting dalam membuat slide presentasi adalah, gunakan teks seminimal mungkin, satu slide hanya berisi satu pesan dan slide harus mudah terbaca.

Jadi, ada baiknya bagi kamu untuk membuat dulu sketsa slide presentasi ini. Selain untuk membuat slide presentasi yang menarik, membuat sketsa slide presentasi ini juga bermanfaat bagimu untuk mempersiapkan dirimu mengenai apa saja yang nanti akan disampaikan selama presentasi.

3. Gunakan Desain Slide Presentasi yang Menarik

 Selain isi, desain slide presentasi juga sangat penting. Desain slide presentasi PowerPoint bisa didapatkan dengan mudah di internet. Pilihlah template desain presentasi yang sesuai dengan materi yang hendak kamu sampaikan. Pilih juga template yang mudah untuk diedit agar kamu tidak kesulitan saat membuatnya. Template desain presentasi untuk tugas kuliah yang mudah diedit ini juga bisa kamu dapatkan di Template Presentasi.

4. Latihan Dulu Sebelum Presentasi

Practice makes perfect. Agar kamu nanti tidak gugup dan gelagepan sedang menyampaikan presentasi tugas kuliah, maka sebaiknya kamu berlatih dulu dengan teman-temanmu. Selain berlatih menyampaikan materi presentasi, kamu juga harus berlatih menampilkan slide presentasi yang tepat di layar. Jangan sampai nanti karena gugup dan belum terbiasa, kamu sering salah menampilkan slide yang tepat. Akibatnya, dosen bisa bingung dengan presentasimu dan akhirnya memberikan nilai yang kurang baik.

5. Siapkan Diri Untuk Menjawab Pertanyaan

Saat berlatih menyampaikan presentasi, siapkan juga dirimu untuk menerima pertanyaan dari dosen dan teman-teman. Mintalah teman-teman untuk bertanya seputar materi presentasi yang hendak kamu sampaikan. Kamu juga bisa mempersiapkan diri dengan mengenali karakter dosen yang memberikan tugas. Biasanya, karakter dosen akan menentukan pertanyaan yang akan dia sampaikan. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan diri dengan jawabannya. Kalaupun pertanyaannya di luar dugaan, dengan berlatih dan mempersiapkan diri, kamu bisa lebih tenang dan menjawab pertanyaan itu dengan baik.

6. Pastikan Jaringan Internet Tidak Bermasalah

Sebelum hari H, pastikan jaringan internet di rumahmu sedang tidak bermasalah. Kalau perlu, siapkan modem dengan provider lain untuk berjaga-jaga. Jika jaringan internet kacau, selain presentasimu jadi tidak bisa dengan jelas didengarkan, juga bisa memperngaruhi mood saat menyampaikannya.

7. Masuk ke Room Meeting Lebih Awal

Usahakan untuk masuk ke room meeting antara 30 menit sampai sejam sebelum jadwal presentasi online yang telah ditentukan. Jadi, kamu bisa lebih mempersiapkan diri dengan baik, sekaligus mengecek apakah semua peralatan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

8. Sampaikan Presentasi dengan Percaya Diri

Kalau kamu siap, maka kamu akan lebih percaya diri. Kalau kamu percaya diri, maka kamu akan lebih tenang saat menyampaikan presentasi dan juga menjawab semua pertanyaan yang diajukan. Jangan takut salah. Fokuskan saja pikiranmu untuk menyampaikan presentasi tugas kuliah itu dengan baik.

9. Tetap Gunakan Komunikasi Nonverbal

Meskipun kamu tidak berhadapan langsung dengan dosen dan teman-temanmu, tapi kamu tetap tidak cukup hanya berbicara . Bayangkan saja dirimu ada di ruangan bersama para audiens itu. Jadi, walaupun kamu duduk di meja belajar, kamu tetap harus berbicara dengan smiling voice, melakukan kontak mata dan mungkin juga menggerak-gerakkan tanganmu sesuai dengan kebutuhan. Sampaikan materi presentasi dengan kecepatan bicara yang pas, tidak terlalu lambat dan jangan terlalu cepat.

10. Sampaikan Kalimat Penguat di Akhir Presentasi

Di akhir presentasi, sampaikan pernyataan penguat yang akan membuat dosen dan teman-temanmu yang mendengarkan teringat pada materi presentasi yang baru saja kamu sampaikan. Misalnya dengan menyampaikan rangkuman hal-hal penting dari materi presentasi.

Nah, apakah kamu sudah siap menghadapi presentasi online dimasa pandemi virus corona ini? (*)

Baca Juga: Strategi Jitu Presentasi Skripsi Bagi Anda Mahasiswa Akhir

Baca juga: Template Presentasi Skripsi, Tesis dan Tugas Akhir Modern dan Kekinian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bantuan? Chat via WA