Cara Jitu Presentasi Proposal Skripsi

Apakah ada yang sekarang ini sedang sibuk dengan proposal skripsi? Tahap ini adalah tahap yang cukup menentukan. Diterima atau tidaknya usulan penelitian kita untuk dijadikan skripsi, tergantung pada tahap ini. Kalau sampai ditolak, tentu akan memakan waktu lebih lama lagi untuk bisa lulus.

Diterima atau tidaknya proposal skripsi oleh para dosen, tergantung pada saat kita mempresentasikannya. Cara presentasi kita dapat membantu para dosen untuk memahami tujuan dan manfaat penelitian yang akan kita lakukan. Jika mereka bisa mengerti dan memahami, tentu usulan proposal skripsi itu bisa diterima.

Ada dua hal yang menentukan penilaian presentasi proposal skripsi. Yang pertama adalah kejelasan penelitian. Ini seperti yang dipaparkan di atas. Ketika kita mampu menjelaskan mengenai proposal skripsi kita, tentu akan mendapatkan nilai yang baik. Proposal kita juga bisa diterima untuk diteruskan menjadi skripsi.

Yang kedua adalah teknik saat mempresentasikan proposal skripsi. Hal ini membutuhkan kemampuan untuk dapat memilih kata dan merangkai kalimat yang tepat. Salah sedikit saja, pemahaman para dosen bisa berbeda dengan maksud kita. Bisa jadi, hal itu kemudian malah menyebabkan tidak diterimanya proposal skripsi kita.

Sayang sekali, kan?

Untuk bisa lebih memahami dan membuat proposal skripsi yang baik, bisa melihat contoh proposal skripsi yang ada di internet.

Cara Membawakan Proposal Skripsi

Ini dia, tips untuk bisa membawakan presentasi skripsi dengan baik:

1. Kuasai Manfaat dan Tujuan Penelitian yang Ingin Dilakukan

Mengajukan proposal penelitian, termasuk untuk skripsi, tentu harus jelas dulu tujuan dan manfaatnya. Oleh karena itu, carilah ide penelitian yang benar-benar memiliki urgensi yang jelas, jangan hanya karena ikut-ikutan. Pelajari dan pahami hal-hal seputar rencana penelitian itu.

Ada beberapa poin yang harus diperhatikan agar mendapatkan ide penelitian yang bermanfaat:

  • Berhubungan dengan situasi atau kondisi yang terjadi saat ini (aktual)
  • Bisa memberikan manfaat untuk jangka panjang
  • Jelas unsur 5W + 1H – nya (what, who, when, why, where, how)
  • Merupakan hal baru dan bukan meniru penelitian yang pernah dilakukan

Namun bisa saja untuk mengembangkan atau menemukan hal baru dari penelitian yang pernah dilakukan.

2. Pahami Metodologi Penelitian yang Akan Digunakan

Setiap penelitian pasti membutuhkan suatu metodologi tertentu. Pilihlah metodologi penelitian yang paling tepat dengan objek penelitian. Setelah itu, pelajari dan pahami sungguh-sungguh metodologi penelitian yang akan digunakan.

Saat sidang proposal skripsi nanti, ada pertanyaan yang kemungkinan besar akan ditanyakan, yaitu:

  • Kenapa menggunakan metodologi penelitian ini?
  • Kenapa tidak menggunakan metodologi penelitian yang lain?
  • Apa kelebihan atau kekurangan dari metodologi penelitian tersebut?

Mempelajari dan memahami metodologi yang akan digunakan untuk penelitian adalah agar kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Yang sering terjadi adalah  ketika ada mahasiswa yang tidak bisa menyelaraskan antara masalah yang diajukan dengan metodologi penelitian yang digunakan. Ini tentu bisa mempengaruhi hasil penelitian kelak dan penilaian saat sidang pengajuan proposal skripsi.

Jadi, ketika akan maju dalam sidang usulan proposal skripsi, kita harus memastikan bahwa kita sudah benar-benar paham tentang metodologi yang akan digunakan, serta mengetahui pendekatan apa yang paling tepat untuk memecahkan masalah yang akan dikemukakan.

3. Berlatih Membawakan Presentasi

Luangkan waktu untuk berlatih membawakan presentasi skripsi sebelum waktunya. Kita bisa mengajak teman-teman atau anggota keluarga untuk pura-pura menjadi dosen penguji. Minta mereka untuk bertanya, jika memang ada yang perlu ditanyakan. Hal ini juga bisa menjadi ajang latihan untuk menghadapi pertanyaan yang sesungguhnya dari para dosen.

Dengan berlatih, maka kita akan lebih siap untuk membawakan presentasi. Secara tidak langsung, hal itu juga akan menambah rasa percaya diri kita.

5. Membuat Slide Presentasi Proposal Skripsi yang Menarik

Untuk membantu membawakan presentasi proposal skripsi, sebaiknya kita menggunakan slide.

Selain untuk membuat dosen penguji bisa lebih memahami apa yang kita sampaikan, slide juga bisa membantu kita untuk membawakan presentasi proposal skripsi dengan lebih terstruktur.

Membuat slide untuk presentasi proposal skripsi hampir sama dengan slide untuk presentasi skripsi. Caranya bisa dilihat di sini.

Buat juga slide presentasi proposal skripsi dengan desain yang menarik. Jika merasa tidak bisa atau tidak ada waktu untuk membuat desain template slide, bisa mengambil desain template presentasi yang ada di internet, seperti yang disediakan oleh Template Presentasi.

6 . Datang Lebih Awal dari Jadwal yang Sudah Ditentukan

Datang mepet atau malah terlambat akan menurunkan tingkat kesiapan kita. Oleh karena itu, datanglah maksimal 30 menit dari jadwal yang sudah ditetapkan.

Dengan datang sebelum jadwal, maka kita akan punya waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri, seperti menenangkan diri dan mempersiapkan peralatan.

Di masa pandemi seperti sekarang, sidang proposal skripsi biasanya dilakukan secara daring atau online. Untuk itu, buka dan nyalakan laptop minimal satu jam sebelumnya.

Jangan lupa juga untuk memeriksa kinerja laptop jauh-jauh hari sebelumnya. Dengan begitu, kita bisa mengantisipasi jika ada masalah.

Untuk jaringan internet, sebaiknya persiapkan dua provider untuk berjaga-jaga jika ada yang tiba-tiba down.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bantuan? Chat via WA