Cara Jitu Mempersiapkan Ujian Sidang Skripsi Online

Cara-Jitu-Ujian-Skripsi-Online
Berbagi itu indah. Klik untuk share.

Selama pandemi virus corona belum berakhir, maka hampir semua kegiatan akan dilakukan secara daring atau online. Salah satunya adalah mengadakan ujian sidang skripsi online. Hampir semua kampus memang masih menerapkan perkuliahan jarak jauh untuk menerapkan physical distancing.

            Tapi, walaupun dilakukan secara daring, ujian skripsi tetap harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Malah, mempersiapkan ujian online seperti ini membutuhkan effort yang lebih besar dibandingkan ujian sidang skripsi biasa.

            Berikut adalah beberapa hal yang benar-benar harus dipersiapkan sebelum menjalani ujian online:

  1. Pastikan semua peralatan berfungsi dengan baik

Untuk mengikuti sidang skripsi online dibutuhkan peralatan-peralatan penunjang, seperti komputer/laptop yang dilengkapi dengan kamera, audio dan jaringan internet yang memadai.

Oleh karena itu, beberapa hari sebelum ujian online tersebut dilaksanakan, pastikan bahwa semua peralatan tersebut berfungsi dengan baik. Untuk jaringan internet, pastikan juga pulsanya terisi dengan kuota yang mencukupi, agar sambungan selama ujian skripsi tersebut dapat berjalan dengan mulus.

Jangan lupa juga untuk mempelajari apa yang harus dilakukan jika ada masalah ketika sidang skripsi online tersebut berlangsung. Walaupun sebelumnya sudah dipastikan berfungsi dengan baik, kadang-kadang juga terjadi adanya gangguan dengan peralatan-peralatan tersebut.

2. Lakukan latihan ujian sidang

Tujuannya adalah agar Anda tidak merasa kagok atau canggung ketika harus berhadapan dengan para dosen penguji secara online. Latihan ini memang tidak dilakukan dengan para dosen yang bersangkutan, tapi bisa dengan teman atau orang lain. Yang pasti, hal ini akan membiasakan Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar skripsi yang sudah dibuat.

3. Pahami dengan baik dan benar mengenai materi skripsi yang dibuat

Ujiang sidang skripsi secara online sebetulnya memiliki keuntungan. Peserta ujian dapat sambil membuka Google untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan. Tapi, hal ini tentu tidak disarankan. Lagipula, para dosen juga biasanya tidak akan mengajukan pertanyaan yang bersifat umum, namun lebih ke pertanyaan seputar isi skripsi.

Jadi, persiapkan diri untuk menjawab semua pertanyaan yang akan diajukan. Pelajari dan pahami isi materi skripsi yang sudah dibuat itu agar Anda dapat semua pertanyaan dengan meyakinkan.

3. Persiapkan ruangan dengan baik

Carilah ruangan dengan background yang tidak ramai sebagai tempat untuk menjalani ujian sidang skripsi. Jangan lupa untuk berkoordinasi dengan seluruh penghuni rumah bahwa di hari dan jam tertentu, Anda akan menggunakan ruangan tersebut. Hal ini sangat penting agar tidak ada anggota keluarga yang tiba-tiba nyelonong masuk ke ruangan tersebut dan mengganggu jalannya ujian online.

4. Persiapkan pakaian rapi yang sesuai dengan aturan ujian skripsi

Di hari H nanti, gunakan pakaian rapi yang sesuai dengan aturan dari kampus. Kalau diharuskan menggunakan celana panjang atau rok berwarna hitam misalnya, gunakan pakaian tersebut. Selain untuk menghargai diri Anda sendiri yang akan menempuh ujian skripsi online, hal ini juga sebagai antisipasi. Mungkin saja saat ujian sidang berlangsung, Anda tiba-tiba harus berdiri, misalnya untuk mengambil sesuatu. Jangan sampai para dosen penguji melihat bahwa Anda menggunakan celana pendek atau pakaian yang tidak sesuai dengan ketentuan.

5. Mempersiapkan Materi Ujian Sidang Skripsi Online

Materi ujian sidang skripsi yang sangat penting untuk dipersiapkan dengan baik adalah materi yang akan dipresentasikan. Ingat, waktu Anda untuk mempresentasikan skripsi tidaklah lama. Anda benar-benar harus memilih dan memilah, materi apa saja yang harus dipresentasikan kepada para dosen penguji.

Yang pasti, sampaikan presentasi skripsi dalam bentuk slide yang terstruktur. Gunakan gambar dan bagan yang dibutuhkan dan yang mudah dipahami oleh para dosen penguji. Pakailah bahasa dan keypoints yang jelas dan sederhana, serta font yang mudah untuk dibaca.

Gunakan juga desain slide presentasi yang menarik, agar para dosen penguji senang dengan tampilan slide presentasi skripsi Anda. Walaupun tampilan slide sepertinya tidak berpengaruh pada isi skripsi, namun desain yang bagus dapat membuat Anda lebih percaya diri saat mempresentasikannya.

Sikap percaya diri ini akan sangat berguna, dapat membuat Anda menyampaikan presentasi skripsi dengan lebih tenang dan lancar. Jika presentasi Anda mudah dipahami, dosen penguji juga akan lebih enak ketika mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Sikap percaya diri ini juga akan membantu Anda untuk memahami pertanyaan dan menjawabnya.

Untuk desain slide skripsi yang menarik, Anda bisa membuatnya sendiri. Banyak artikel yang berisi panduan untuk membuat desain slide skripsi. Atau, Anda juga bisa menggunakan template desain presentasi skripsi yang sudah ada, misalnya yang ada di Template Presentasi. Di sini disediakan beberapa desain slide skripsi yang menarik dan sangat mudah untuk diedit sesuai dengan kebutuhan.

Selamat mempersiapkan ujian sidang skripsi!


Berbagi itu indah. Klik untuk share.

3 thoughts on “Cara Jitu Mempersiapkan Ujian Sidang Skripsi Online

  1. Pingback: 10 Cara Membuat Presentasi Akademik Jadi Lebih Menarik — Presentasi.net

  2. Pingback: Contoh Presentasi Skripsi yang Baik dan Cara Membuatnya — Presentasi.net

  3. Pingback: Tips Mempersiapkan Presentasi Sidang Skripsi yang Baik dan Benar — Presentasi.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bantuan? Chat via WA