Begini Cara Membuat Proposal Skripsi yang Benar

Berbagi itu indah. Klik untuk share.

Setelah sekian tahun menempuh perkuliahan, banyak mahasiswa berdebar saat menghadapi presentasi skripsi yang didepan mata hingga tidak tahu bagaimana menyusun proposal skripsi yang benar. Padahal skripsi inilah yang akan menentukan lulus tidaknya seorang mahasiswa.

Proposal skripsi ini adalah outline atau gambaran singkat skripsi yang akan disusun kemudian.

Yang harus dibuat dalam penulisan proposal skripsi ini adalah:

1. Cover

Ini adalah halaman paling depan, yang pertama kali akan dilihat oleh dosen pembimbing. Yang dicantumkan di bagian cover ini adalah judul skripsi, nama mahasiswa penyusun dan nomor pokok mahasiswanya, juga nama program studi, jurusan, fakultas, nama universitas dan tahun pembuatan skripsi.

2. Lembar Judul

Hanya ada judul di bagian ini. Tapi, tiap kampus punya kebijakan yang berbeda. Ada yang mengharuskan lembar ini, dan ada yang tidak.

3. Lembar Pengesahan

Lembar ini disediakan untuk tandatangan dosen pembimbing jika proposal skripsi ini disetujui. Di beberapa kampus, lembar ini juga tidak diharuskan. Acc dari dosen pembimbing cukup dengan tandatangan di lembar cover.

4. Kata Pengantar

Di dalam kata pengantar dicantumkan pernyataan dari penyusun skripsi, yang menjelaskan tentang maksud dan tujuan dari penulisan skripsi tersebut. Selain itu juga biasanya dituliskan ucapan terima kasih dari penyusun skripsi kepada pihak-pihak yang telah membantunya.

5. Daftar Isi

Daftar ini adalah bagian yang cukup penting karena di dalamnya berisi tentang apa saja isi dari skripsi yang akan disusun. Daftar isi juga dibuat untuk memudahkan para dosen penguji untuk menemukan bagian-bagian dalam skripsi yang ingin dibacanya.

6. Bab I

Bab I ini adalah Pendahuluan. Dalam bagian Pendahuluan ini, yang harus dicantumkan adalah:

  • Latar Belakang Masalah
  • Rumusan masalah
  • Tujuan dan Manfaat Penelitian
  • Landasan Teori
  • Metode Penelitian
  • Teknik Pengumpulan Data

7. Daftar Tabel

Isinya adalah daftar tabel dan judulnya, yang ada dalam proposal skripsi tersebut.

8. Daftar Gambar

Sama seperti daftar tabel, gambar ini berisi tentang gambar-gambar yang digunakan dalam proposal skripsi tersebut.

9. Daftar Lampiran

Bagian ini isinya adalah daftar lampiran-lampiran yang digunakan dalam proses penyusunan proposal skripsi tersebut, misalnya surat izin penelitian, serta berkas-berkas lain yang dipergunakan.

10. Daftar Pustaka

Isinya adalah bahan-bahan referensi atau literatur yang digunakan untuk penelitian skripsi tersebut. Bahan-bahan referensi yang digunakan, baik dari buku, jurnal, website, atau artikel harus dituliskan semua di halaman ini.

11. Lampiran

Semua dokumen, seperti surat izin penelitian dan yang lainnya, yang digunakan selama penyusunan proposal skripsi ini diletakkan sini. Jika dokumen tersebut berupa file elektronik, dapat di-scan terlebih dahulu.

Itu adalah bagian-bagian yang harus ada di proposal skripsi.

Sementara itu, sebelum menyusun proposal skripsi, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu:

  1. Mencari ide penelitian

Ide penelitian ini dapat diperoleh dengan mengamati lingkungan sekitar, apakah permasalah yang sedang dihadapi dan apa yang harus dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut.

Sebaiknya, ide penelitian ini sudah dipikirkan jauh sebelumnya, sebelum mata kuliah berakhir agar tidak kelabakan, misalnya sejak semester awal.

  • Mencari referensi sebanyak mungkin, khususnya yang mendukung ide penelitian yang sudah dipikirkan.
  • Mencari metode penelitian yang dianggap paling tepat.
  • Menentukan judul yang menarik

Proposal skripsi juga harus dibuat semenarik mungkin, agar para dosen pembimbing merasa senang ketika membacanya. Jika proposal skripsi dibuat dalam bentuk file komputer, buatlah dengan desain yang menarik.

Jika merasa kesulitan untuk menemukan atau membuat desain untuk proposal skripsi yang menarik, bisa menggunakan desain yang tersedia di Template Presentasi.

Desain-desain untuk skripsi yang disediakan oleh Template Presentasi cukup beragam dan mudah diedit. Dengan harga yang terjangkau dan proses pembelian yang mudah, Anda bisa mendapatkan desain proposal skripsi yang menarik.

Untuk melihat tips mengenai pembuatan skripsi yang menarik, dapat melihat tautan berikut https://www.youtube.com/watch?v=s5EvMd6Q01g&t=310s.

Selamat membuat proposal skripsi!


Berbagi itu indah. Klik untuk share.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bantuan? Chat via WA