Membuat Curriculum Vitae Bahasa Inggris

CV-Bahasa-Inggris

Beberapa minggu lalu kami membagikan artikel mengenai Curriculum Vitae kepada Anda mengenai Cara Membuat CV yang Efektif dan Menarik Perhatian Perekrut. Pada artikel kali ini akan membahas bagaimana jika perusahaan yang Anda lirik mensyaratkan CV berbahasa Inggris? Baca artikel ini sampai tuntas.

Dari banyaknya contoh CV menarik yang ada di internet, beberapa di antaranya adalah contoh CV lamaran kerja berbahasa Inggris. Contoh CV ini bisa dijadikan referensi ketika Anda membuat CV dalam bahasa Inggris.

Bahkan, template CV menarik word yang bisa dengan mudah ditemukan di internet, juga ada yang berbahasa Inggris, sehingga Anda hanya tinggal mengedit isinya. Jika masih bingung mengenai apa saja yang harus dicantumkan dalam CV berbahasa Inggris tersebut, ada beberapa contoh curriculum vitae word yang juga bisa menjadi referensi.

Mengapa CV sangat penting? Karena melalui CV inilah, perekrut bisa mengetahui rekam jejak si pelamar. Mulai dari identitas, riwayat pendidikan, sampai riwayat pekerjaan. Semua ini bisa membuat perusahaan terbantu untuk menelusuri lebih dalam mengenai jejak para pelamar.

Sedangkan curriculum vitae bahasa Inggris biasanya diperlukan karena saat ini kemampuan berbahasa Inggris sudah menjadi kemampuan umum yang menjadi syarat untuk bisa mendapatkan posisi di sebuah perusahaan. Dengan mengirimkan curriculum vitae berbahasa Inggris, setidaknya perusahaan menganggap bahwa si pelamar memiliki kemampuan bahasa Inggris.

Bagaimana Menyusun CV Berbahasa Inggris yang Baik?

Menyusun CV berbahasa Inggris sebetulnya tidak jauh berbeda dibandingkan dengan CV berbahasa Indonesia. Hanya ada beberapa istilah yang sebaiknya diketahui, seperti:

  • Personal Details

Bagian ini wajib dicantumkan sebagai bagian pertama dalam CV, baik yang berbahasa Indonesia maupun CV bahasa Inggris.

Personal details berisi tentang data-data pribadi, seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat rumah, nomor kontak yang bisa dihubungi atau alamat email yang masih aktif. Kadang-kadang, data-data seperti agama dan status pernikahan juga perlu untuk dicantumkan. Tapi, sebagian besar perusahaan tidak mewajibkannya.

  • Education Details atau Educational Bakcground

Yang dicantumkan di bagian ini adalah informasi seputar riwayat pendidikan, mulai dari sekolah dasar sampai pendidikan terakhir yang ditempuh. Yang dicantumkan adalah nama sekolah dan tahun angkatan pendidikan.

  • Certificates

Bagian ini adalah informasi mengenai sertifikasi yang dimiliki, seperti sertifikasi keahlian dan sertifikat lain yang pernah diperoleh, khususnya yang berhubungan dengan pekerjaan yang diminati.

Informasi-informasi tersebut tentu sangat penting bagi perusahaan, karena sertifikat yang diperoleh itu menjadi informasi keahlian yang dimiliki oleh si pelamar. Mungkin saja keahlian-keahlian itulah yang dibutuhkan oleh perusahaan.

  • Job Experiences

Tidak hanya pendidikan dan keahlian yang dimiliki, perusahaan juga sering mencari kandidat yang berpengalaman. Untuk itulah, informasi seputar pengalaman bekerja sangat perlu untuk dicantumkan.

Pengalaman bekerja ini akan menjadi poin yang sangat dipertimbangkan oleh perusahaan. Untuk itu, tulis sedetail mungkin mengenai riwayat pekerjaan yang pernah Anda lakukan.

  • Personality

Dalam contoh CV lamaran kerja yang banyak terdapat di internet, pada umumnya dicantumkan mengenai karakter atau kepribadian si pelamar. Anda bisa menyebutkan seperti apa karakter dan kepribadian Anda, khususnya dalam bekerja, di dalam CV. Tentu saja harus menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar.

Informasi tentang karakter dan kepribadian ini diperlukan perusahaan untuk mengetahui seperti apa karakter orang yang melamar di perusahaannya. Tidak usah malu untuk mencantumkan karakter Anda sebenar-benarnya, karena mungkin karakter seperti itulah yang dicari oleh perusahaan tempat Anda melamar.

Tips Membuat Curriculum Vitae Berbahasa Inggris

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika membuat CV berbahasa Inggris

  1. Gunakan Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Tulis semua informasi untuk CV berbahasa Inggris dengan baik dan benar, termasuk tata bahasa dan ejaannya.

  • Perhatikan Penggunaan Tanda Baca

Gunakan tanda baca seperti titik dan koma dengan tepat, sesuai dengan aturan tata bahasa dalam Bahasa Inggris.

  • Gunakan Desain Template CV yang Menarik

CV yang paling baik sebetulnya adalah CV yang kreatif. Tapi, kalau Anda merasa kreativitas Anda belum cukup untuk membuat CV yang menarik, Anda bisa menggunakan template CV yang ada di internet. Anda juga bisa mendapatkan template CV menarik yang ada di Template Presentasi.

  • Cantumkan Data Diri dan Keahlian yang Dibutuhkan

Memiliki banyak keahlian dan keterampilan memang sangat baik. Apalagi jika keahlian dan keterampilan tersebut memang yang dibutuhkan oleh perusahaan yang Anda incar. Sebaiknya, cantumkan seperlunya di dalam CV. Perhatikan baik-baik lowongan yang Anda lamar, spesifikasi keahlian atau keterampilan apa yang dibutuhkan. Keahlian dan keterampilan itulah yang harus Anda cantumkan di CV Anda.

  • Cantumkan Pengalaman Kerja yang Relevan

Perusahaan memang mencari  calon karyawan yang berpengalaman. Tapi, pilah baik-baik pengalaman kerja yang akan Anda cantumkan di CV. Terlalu banyak menampilkan riwayat pengalaman kerja kadang-kadang malah merugikan, karena perusahaan mungkin akan melihat Anda sebagai kutu loncat. Sebaiknya, cantumkan saja pengalaman kerja yang memang berkaitan dengan posisi yang Anda lamar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bantuan? Chat via WA