Contoh CV Lamaran Kerja Terbaru Agar Sukses Dibaca Oleh HRD

Dalam situs pencarian Google, contoh CV lamaran kerja adalah kata kunci yang cukup banyak dicari. Para pencari kerja umumnya mencari contoh CV menarik atau curriculum vitae berbahasa Inggris yang dapat membantu mereka mendapatkan pekerjaan yang diincar.

Semua itu adalah usaha untuk bisa membuat CV yang menarik karena curriculum vitae adalah kesan pertama yang bisa membantu HRD memutuskan untuk memanggil seseorang ke tahap seleksi atau tidak.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara membuat CV yang menarik. Untung saja, di internet cukup banyak tersedia template CV menarik dalam bentuk word, yang bisa diedit sesuai dengan kebutuhan.

Secara umum, CV adalah dokumen yang berisi data penting dari pelamar kerja, seperti:

  • Identitas diri: nama, alamat, nomor telepon, alamat email
  • Riwayat pendidikan
  • Keterampilan yang dikuasai
  • Pengalaman kerja
  • Pelatihan yang pernah diikuti
  • Informasi lain yang dianggap mendukung untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan

Cara Agar CV Terlihat Lebih Menarik di Mata HRD

Hal pertama yang harus diperhatikan saat hendak membuat CV yang menarik adalah membuat atau memilih desain CV yang menarik atau eye catchy.

Saat ini, beragam desain CV bisa ditemukan dengan mudah di dunia maya. Mulai dari desain CV gratis sampai yang berbayar. Salah satu desain CV yang menarik itu bisa ditemukan di Template Presentasi.

Setelah template CV word itu diunduh, kita bisa langsung mengeditnya, sesuai dengan data dan informasi yang diperlukan atau disyaratkan oleh perusahaan calon pemberi kerja.

Mengapa harus memilih desain CV yang menarik? Karena desain inilah yang menentukan apakah perhatian HRD tertarik atau tidak untuk membaca isi CV secara keseluruhan. Jika menggunakan desain yang kurang atau tidak menarik, maka bisa menghilangkan kesempatan untuk bekerja di suatu perusahaan.

Setelah mendapatkan desain CV yang dianggap pas, maka langkah berikutnya adalah mengisinya dengan data dan informasi yang dibutuhkan.

Saat mengisi data atau informasi tersebut, perhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Cantumkan identitas diri di bagian atas, lengkapi dengan foto terbaru

Identitas diri yang penting untuk dicantumkan adalah nama lengkap, alamat, nomor telepon yang mudah dihubungi dan alamat email. Selain itu, ada pula perusahaan yang meminta untuk mencantumkan akun media sosial yang dimiliki.

Untuk foto, sebaiknya gunakan foto terbaru dengan menggunakan pakaian yang pantas dan formal.

  • Tulis riwayat pendidikan dengan singkat dan jelas

Saat ini, riwayat pendidikan yang perlu dicantumkan di CV adalah pendidikan terakhir atau yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar. Namun begitu, baca syarat yang diberikan oleh perusahaan. Ada beberapa perusahaan yang mensyaratkan daftar riwayat pendidikan dicantumkan lengkap, bahkan mulai dari TK.

  • Cantumkan keterampilan dan prestasi yang pernah dicapai

Keterampilan dan prestasi yang penting untuk dicantumkan adalah yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.

  • Cantumkan pengalaman kerja yang pernah dilakukan dengan jelas

Jika ada prestasi atau inovasi yang pernah dibuat di tempat kerja sebelumnya, maka hal itu wajib untuk dicantumkan karena akan menjadi nilai tambah.

Selain itu, pelatihan atau training yang pernah diikuti selama bekerja di tempat lama juga bisa dicantumkan, khususnya yang mendukung pekerjaan yang dituju.

  • Perhatikan ejaan dan tata bahasa

Walau tampaknya sepele, namun jangan sampai ada kesalahan ejaan dan tata bahasa di dalam CV yang dibuat, apalagi CV dalam bahasa Inggris. Ketelitian dalam penulisan ejaan dan tata bahasa dapat menunjukkan keseriusan seseorang saat membuat CV tersebut. Jika kita serius dalam membuat CV, maka berarti kita juga serius untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang bersangkutan.

Itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat membuat CV yang efektif. Setelah selesai, coba baca kembali dengan teliti CV yang baru saja dibuat itu. Kita bisa meminta bantuan pendapat dari teman atau anggota keluarga kita mengenainya.

Mintalah kepada teman untuk mencoba memposisikan dirinya sebagai HRD, lalu membaca CV tersebut. Menurutnya, apakah CV yang kita buat tadi sudah menarik atau belum. Jika ada kekurangannya, bagian mana yang perlu diperbaiki.

Membuat CV memang membutuhkan keseriusan tersendiri. Jangan sampai usaha mendapatkan pekerjaan impian gagal, hanya karena membuat CV yang kurang menarik. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bantuan? Chat via WA