Panduan Lengkap Membuat Curriculum Vitae (CV) Untuk Melamar Kerja

Mencari pekerjaan memang bukan merupakan perkara mudah, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Walau tidak mudah, bukan berarti tidak mungkin. Buktinya, berbagai lowongan pekerjaan berseliweran di lini masa media-media sosial.

Itu artinya, kesempatan akan selalu ada, khususnya bagi mereka yang berniat dan mau berusaha keras.

Usaha pertama yang harus dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan impian adalah dengan membuat curriculum vitae atau CV. Curriculum vitae adalah catatan perjalanan hidup seseorang, yang dilengkapi dengan catatan mengenai keterampilan atau kemampuan yang dikuasai. Hal inilah yang sangat diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan.

Perusahaan akan melihat dulu kualifikasi keterampilan dan kemampuan calon karyawannya, sebelum melihat hal-hal yang lainnya. Tentu saja, perusahaan harus mencari pelamar yang memiliki kriteria dan kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Di masa lalu, CV tampak seragam. Saat membuat CV, semua orang tampaknya berpedoman pada contoh CV lamaran kerja  yang sudah dibuat oleh orang lain.

Tapi, jika melihat contoh-contoh CV menarik yang ada di internet sekarang ini, tampaknya orang-orang, khususnya orang-orang muda, sudah meninggalkan pakem CV zaman dahulu. Di masa sekarang, orang tidak lagi membuat CV berdasarkan template CV menarik word yang ada. CV menarik yang unik dan kreatif lebih menjadi pilihan.

Dari kreativitas CV lamaran kerja inilah, perusahaan di masa sekarang juga bisa menilai, apakah seorang pelamar cocok dengan kriteria yang mereka butuhkan atau tidak. Dari CV menarik yang dibuat oleh seseorang, sering menunjukkan bahwa dialah orang yang tepat untuk mengisi posisi di suatu perusahaan.

Walau CV dengan desain yang kreatif dan menarik sekarang ini lebih ‘menjual’, namun ada beberapa panduan membuat CV yang tetap harus diikuti, termasuk ketika membuat curriculum vitae berbahasa Inggris.

Panduan Membuat CV Untuk Melamar Pekerjaan

Dari berbagai contoh curriculum vitae dalam bentuk word yang dapat ditemukan di internet, sebetulnya ada beberapa pakem yang harus dipenuhi ketika membuatnya, seperti:

  • CV harus memberikan kesan pertama yang baik

Desain CV boleh saja kreatif dan kekinian, tapi tetap harus memberikan kesan pertama yang baik. Untuk itu, buatlah CV dengan tampilan yang nyaman untuk dilihat dan dibaca. Walaupun CV dibuat dengan desain yang unik, namun jika menimbulkan kesan pertama yang baik, staf HRD yang membacanya pasti akan tertarik untuk membacanya lebih detail.

  • CV harus menunjukkan bahwa si pelamar memiliki sifat professional

Setiap perusahaan pasti akan mencari karyawan yang profesional, karena sikap profesional ini dapat memberikan kinerja yang baik. Oleh karena itu, CV untuk lamaran kerja juga harus dibuat profesional. Artinya, CV tersebut harus dibuat sesuai dengan peruntukannya.

Boleh saja membuat CV dengan desain yang unik, tapi harus disesuaikan dengan posisi atau jenis pekerjaan yang dituju. Jika tidak, maka pelamar hanya akan dianggap tidak serius untuk melamar pekerjaan.

CV yang terlihat professional ini contohnya adalah CV yang tata letaknya menarik dan terlihat rapi.

  • CV harus memperlihatkan kemampuan si pelamar

Inilah yang terpenting dalam membuat CV. CV harus menunjukkan bahwa si pelamar adalah orang yang tepat untuk mengisi sebuah jabatan di suatu perusahaan.

Untuk menunjukkan kemampuan ini, pengirim CV dapat menuliskan mengenai kemampuan, keterampilan dan kompetensi yang dimilikinya. Semua ini sebaiknya ditulis apa adanya, tidak melebih-lebihkan. Pastikan untuk menuliskan kemampuan dan kompetensi yang memang sesuai dengan posisi yang ditawarkan.

Baca juga: Cara Membuat CV yang Efektif dan Menarik Perhatian Perekrut

Tips Dalam Membuat CV Lamaran Kerja

Setelah memperhatikan pakem-pakem dalam membuat CV, ada beberapa hal yang juga penting untuk diperhatikan untuk membuat CV yang menarik untuk melamar pekerjaan:

  • Lakukan job research

Maksudnya adalah, cari tahu lebih dalam mengenai posisi pekerjaan yang akan dilamar dan perusahaan yang membuka lowongan tersebut. Hal ini adalah untuk memastikan bahwa Anda memang cocok untuk bekerja di sana. Selain itu juga agar CV yang dibuat sesuai dengan karakter dan kriteria perusahaan, khususnya posisi pekerjaan yang ditawarkan.

  • Perhatikan hal-hal yang akan dicantumkan di dalam CV

Jika melihat contoh curriculum vitae yang ada di internet, kita bisa melihat perbedaan urutan-urutan informasi atau data-data apa saja yang dicantumkan. Ini berhubungan dengan jenis pekerjaan yang dilamar, juga dengan perusahaan yang membuka lowongan.

Hal ini membuktikan bahwa melakukan job research sangat diperlukan pada saat hendak membuat CV. Pastikan bahwa data-data dan informasi yang dicantumkan sesuai dengan posisi pekerjaan yang ada.

  • Pilih desain template CV yang sesuai

Saat ini sudah bukan zamannya CV hanya dibuat dengan latar belakang kertas putih. Banyak sekali contoh desain template CV dalam bentuk word yang ada di internet. Desain-desain itu dapat digunakan dengan mudah, hanya tinggal mengedit data atau informasi yang dicantumkannya saja.

Pilihlah desain template CV yang pas, yang sesuai dengan diri Anda dan juga dengan perusahaan yang membuka lowongan. Desain yang tepat tentu akan lebih menarik perhatian staf HRD yang akan membacanya.

  • Jika membuat CV berbahasa Inggris, gunakan bahasa Inggris yang baik dan benar

Sudah siap membuat CV yang menarik? (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bantuan? Chat via WA