Bikin CV Cepat & Praktis; Template CV Instan

Pandemi memang belum berakhir. Tapi, bukan berarti kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan jadi tertutup. Masih banyak lowongan pekerjaan yang beredar di berbagai media.

Tentu saja, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan akan semakin berat. Tidak sedikit kantor yang tutup karena wabah virus corona ini, sehingga banyak orang yang kehilangan pekerjaan. Maka, setiap pelamar harus memiliki senjata untuk memenangkan persaingan tersebut.

Salah satu senjata yang dapat digunakan untuk memenangkan persaingan mendapatkan pekerjaan adalah dengan membuat CV atau curriculum vitae yang menarik. Curriculum vitae adalah dokumen yang harus ada setiap kali seseorang melamar pekerjaan.

Lalu, seperti apa contoh CV yang menarik itu?

Banyak contoh CV lamaran kerja yang ada di internet. Dari berbagai contoh CV lamaran kerja yang bisa dilihat di internet itu,  beberapa di antaranya tampak menarik.

Well, untuk membuat CV lamaran kerja yang menarik, membutuhkan template CV yang menarik juga. Untunglah, sekarang template CV menarik word mudah didapatkan di internet. Bahkan, beberapa template dapat diunduh secara gratis. Kita hanya perlu untuk mengedit isinya saja, sesuai dengan kebutuhan.

Dengan adanya template CV yang menarik ini, tentu akan mempermudah usaha kita untuk membuat CV yang diinginkan.

Aplikasi Untuk Template CV Instan

Teknologi ada untuk mempermudah pekerjaan kita. Tapi, teknologi sebaiknya tetap digunakan untuk mengasah kreativitas.

Beberapa aplikasi atau apps kini sudah hadir untuk membantu kita berkreasi, termasuk berkreasi untuk membuat CV lamaran kerja yang menarik.

Dengan adanya apps tersebut, maka membuat CV akan semakin mudah. Bahkan, kita bisa membuat CV berbahasa Inggris dengan lebih cepat karena banyak contoh yang tersedia.

Desain-desain templatenya juga menarik. Bahkan, kita juga bisa mendesain sendiri template CV yang lebih sesuai dengan selera masing-masing. Dengan desain template CV berbasis word, CorelDraw, atau Adobe ilustrator yang disediakan, membuat CV yang menarik tidak akan lagi memakan waktu lama.

Beberapa desain template CV word tersebut ada yang bisa diunduh secara gratis. Jadi, kita tidak perlu menginstal software apapun. Cukup bermodal laptop dan internet, CV bisa langsung dibuat.

Beberapa apps yang bisa kita manfaatkan untuk membuat CV itu antara lain:

Memang, tidak semua desain template CV yang disediakan oleh apps tersebut bisa digunakan dengan gratis. Beberapa desain bisa didapatkan dengan cara membayar. Namun untuk belajar, desain-desain gratisnya juga banyak yang menarik.

Cara membuat CV dengan menggunakan apps juga mudah dan tidak membutuhkan waktu lama, yaitu:

  1. Pilih jenis dokumen yang ingin dibuat

Karena sekarang kita sedang membahas pembuatan CV, maka pilihlah jenis dokumen CV atau resume yang ada di apps tersebut.

  • Pilih template yang diinginkan

Pilihlah jenis desain template yang tersedia. Jika menggunakan apps Canva, maka kita juga bisa mendesain sendiri template yang lebih sesuai dengan selera, dengan menggunakan tools yang disediakan oleh pihak apps.

  • Edit datanya

Desain template yang ada di apps biasanya disertai dengan contoh. Nah, kita tinggal mengedit saja informasi atau data-datanya, sesuai dengan milik kita.

Tidak hanya isinya. Kita juga bisa mengedit ukuran atau mengganti huruf yang ditampilkan. Ikuti saja petunjuk yang disediakan untuk itu.

  • Pasang foto

Dalam desain template yang ada di apps, biasanya ada kolom khusus untuk memasang foto. Pilihlah foto terbaikmu, lalu pasang di sana.

Zaman sekarang, foto di CV tidak harus menggunakan foto dengan pose formal. Bahkan, foto yang kasual akan membuat CV kita terlihat lebih menarik. Pastikan saja foto yang dipasang itu sesuai dengan syarat yang diminta oleh perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan yang diincar.

  • Unduh file-nya

Setelah data-datanya selesai diedit, maka langkah berikutnya adalah mengunduh file yang sudah dibuat tadi.

Caranya, pilih tombol Publish yang ada di sana. Nanti akan keluar beberapa pilihan di bawahnya. Salah satunya adalah Download. Tinggal diklik pilihan itu.

File yang akan diunduh juga bermacam-macam bentuknya. Pilih saja yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Mudah kan?

Kalau ternyata desain template yang disediakan oleh apps tersebut masih kurang pas dengan selera kita, kita juga bisa mencari desain template CV yang lain.

Misalnya, kita bisa mendapatkan desain template CV di Template Presentasi. Ada beberapa desain CV yang akan membuat tampilan CV kita terlihat lebih elegan dan professional.

Desain-desain itu juga sangat mudah untuk diedit sesuai dengan kebutuhan kita.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bantuan? Chat via WA