Ragam Manfaat Video Company Profile Bagi Perusahaan

Company profile adalah dokumen yang wajib dimiliki oleh perusahaan yang ingin maju. Company profile dalam bisnis berfungsi sebagai sarana untuk personal branding agar perusahaan semakin dikenal, baik oleh calon klien maupun masyarakat umum.

Jika perusahaan dikenal oleh semakin banyak orang, maka tentu saja akan lebih banyak orang yang tertarik untuk mengetahui dan mengenal produknya. Pada akhirnya, akan semakin banyak orang yang mempergunakan atau membeli produknya.

Company profile merupakan sarana untuk personal branding, yang bertujuan untuk memperkenalkan identitas perusahaan.

Tidaklah mengherankan jika banyak perusahaan yang berusaha membuat company profile perusahaan mereka dengan sebaik mungkin. Kita bisa melihat contoh-contoh company profile perusahaan-perusahaan ternama yang sangat menarik di dunia maya.

Tidak hanya dalam bentuk cetak dan digital, banyak perusahaan yang kini juga membuat company profile mereka dalam bentuk video, yang sering disebut video profile. Dengan konsep audio visual seperti ini, company profile dianggap menjadi lebih praktis.

 Selain praktis, video company profile juga dianggap lebih memancing rasa penasaran yang melihatnya, untuk mencari informasi lebih banyak mengenai peusahaan yang bersangkutan.

Hal itu mungkin saja terjadi karena dalam video company profile ditampilkan konten audio dan visual, yang akan lebih menarik perhatian. Gambar hidup yang bersuara memang dapat lebih menarik perhatian dibandingkan dengan teks.

Perusahaan seperti apa yang membutuhkan company profile dalam bentuk video ini?

Tentunya semua perusahaan, jika ingin agar perusahaannya menjadi lebih dikenal. Dengan adanya teknologi internet yang semakin maju sekarang ini, video company profile dapat lebih mudah untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas. Tidak hanya di dalam negeri, perusahaan juga bisa lebih mudah dikenal di luar negeri.

Jika perusahaan semakin dikenal, tentu kesempatan untuk mendapatkan pasar yang lebih banyak juga lebih luas. Calon klien atau konsumen akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi, apalagi jika perusahaan tersebut melengkapi dirinya dengan akun-akun media sosial yang membuatnya semakin mudah dihubungi.

Manfaat Video Company Profile Bagi Perusahaan

Tidak hanya agar dikenal lebih luas, video company profile juga memiliki manfaat yang lain, seperti:

  • Mudah dalam penyimpanannya

Video company profile dapat disimpan dalam bentuk file di komputer, sedangkan company profile dalam bentuk cetak harus disimpan dalam lemari atau ruangan khusus.

  • Lebih mudah dikirimkan

Jika ada calon klien yang memintanya, perusahaan tinggal mengirimkan file melalui e-mail atau aplikasi Whatsapp. Company profile dalam bentuk cetak harus dikirim melalui pos atau kurir khusus. Hal ini membuat video company profile lebih hemat biaya.

  • Memuat informasi yang lebih jelas

Informasi penting tentang perusahaan lebih mudah dijelaskan dalam bentuk audio dan visual. Dalam waktu yang lebih singkat, informasi yang diberikan juga bisa relatif lebih banyak.

  • Lebih memungkinkan untuk viral

Jika video company profile itu dibuat dengan konsep yang kreatif dan menghibur, sangat memungkinkannya untuk menjadi viral. Jika video itu viral, maka hal itu akan sangat menguntungkan perusahaan.

Itulah manfaat-manfaat yang bisa diperoleh perusahaan jika membuat company profile-nya dalam bentuk video.

Tentu saja, saat membuat video company profile tersebut, perusahaan harus betul-betul memperhatikan aspek pembuatan video yang yang menarik. Tujuannya, agar pembuatan video company profile itu tepat sasaran, sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan.

Baca juga: Pentingnya Company Profile Bagi Perusahaan

Berikut beberapa tips untuk membuat video company profile yang menarik:

1. Perhatikan durasi: tiga menit adalah durasi yang dianggap paling pas

Jika video company profile terlalu lama durasinya, maka yang melihatnya bisa merasa bosan.Gunakan teknik pengambilan gambar secara professional, agar hasilnya benar-benar mirip film yang menarik perhatian. Kalau perlu, gunakan jasa sinematografi professional.

2. Sampaikan informasi-informasi penting mengenai perusahaan dengan singkat dan jelas, padukan dengan gambar yang menarik

3. Gunakan backsound musik yang menarik dan sesuai

4. Pencahayaan video harus cerah agar lebih enak dilihat

5. Perbarui video secara rutin untuk memasukkan informasi terbaru mengenai perusahaan

6. Sesuaikan tema video dengan sasaran penonton

Jika diperlukan, buatlah video company profile dalam beberapa konsep, sesuai dengan target penonton yang dituju.

Baca juga: Ciri-ciri Company Profile yang Baik

Nah, sudah siap untuk membuat video company profile yang menarik?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bantuan? Chat via WA