Mengelola Hubungan Kerja Saat Bekerja Dari Rumah

Berbagi itu indah. Klik untuk share.

Kunci agar metode bekerja dari rumah berjalan optimal adalah pengelolaan tim kerja yang baik.

Dan setidaknya ada 3 hal yang harus diperhatikan untuk memastikan pengelolaan tim kerja, dan 3 hal tersebut adalah sebagai berikut:

Komunikasi

Komunikasi rutin adalah hal yang penting dalam tim, menjaga komunikasi dan diskusi yang positif antar anggota tim sangat dibutuhkan bukan hanya untuk menjaga kinerja tim secara keseluruhan namun juga untuk mengurangi rasa terisolasi dan kesepian karena tidak adanya interaksi secara langsung seperti yang biasa dilakukan saat bekerja di kantor.

Memilih teknologi yang pas

Dalam mendukung anjuran bekerja dari rumah dan tetap menjaga produktivitas kerja, Perusahaan harus menjamin setiap karyawannya tetap terhubung satu sama lain.

Pesan singkat atau surel dapat membantu namun tentunya setiap karyawan membutuhkan wadah diskusi virtual yang lebih interaktif. Saat ini banyak aplikasi virtual yang dapat digunakan seperti Zoom, Google Hangouts, Microsoft Teams, WhatsApp atau Skype. Untuk memastikan aplikasi mana yang cocok untuk Anda, Anda dapat membandingkan 5 aplikasi virtual tersebut disini.

Fleksibel

Bekerja di rumah 9 to 5 seperti kerja kantor tidak mudah untuk diterapkan. Sehingga banyak perusahaan yang tidak lagi memusingkan jam kerja, mereka lebih memilih melihat hasil kerja dan membebaskan pekerjanya mengatur waktunya sendiri saat melakukan tugas kerjanya di rumah.

Menurut sebuah penelitian, kunci keberhasilan kebijakan WFH adalah fleksibilitas. Berikut alasannya:

  1. Bagi sebagian pekerja, bangun tepat waktu dan tetap bekerja mulai dari jam 9 hingga jam 5 sore mungkin saja dilakukan. Namun bagi para pekerja yang harus mendampingi anak mereka School From Home, waktu bekerja 9 to 5 cukup mustahil dilakukan.
  2. Sebuah Artikel pada Harvard Business Review yang merujuk pada penelitian Stanford menemukan bahwa karyawan yang bekerja dari rumah 13% lebih produktif daripada karyawan yang bekerja di kantor. Hal ini adalah karena dengan bekerja dari rumah berarti karyawan tersebut tidak ikut serta dalam pertemuan yang kurang penting dan drama kantor.
  3. Fleksibilitas kerja adalah bentuk kepercayaan yang perusahaan berikan kepada karyawan. Kepercayaan akan membangun motivasi karyawan untuk bekerja lebih baik dengan senang hati dan pada akhirnya pekerjaan yang dikerjakan dengan senang hati akan mempengaruhi produktivitas karyawan secara keseluruhan.

Dengan pengelolaan tim kerja yang baik maka optimalisasi kinerja dapat dipertahankan meskipun jarak memisahkan. Dan salah satu cara untuk membantu optimalisasi kinerja adalah memperoleh template presentasi yang siap pakai dan mudah diedit, sehingga proses membuat template presentasi yang akan Anda gunakan saat virtual meeting dapat diselesaikan dengan cepat.

Template presentasi yang tampak keren di internet belum tentu memiliki fitur seperti itu, sehingga perlu kejelian memilihnya. Namun semua template yang kami sediakan disini sudah memiliki kemudahan tersebut.

Anda cukup browsing menggunakan kata kunci “template presentasi”, Anda akan memperoleh beragam rekomendasi template yang dapat digunakan untuk presentasi Anda mulai dari yang free hingga yang berbayar.

Template yang berbayar biasanya memiliki kelebihan mudah di edit dan slide-nya pun sudah di desain sedemikian rupa sehingga Anda dengan mudah mendapatkan ide bagaimana menampilkan presentasi Anda dengan keren secara visual.

Diskon ini tidak hanya untuk produk template untuk Anda yang bekerja saja, namun juga bagi Anda yang sedang mempersiapkan presentasi skripsi Anda. Dukungan diskon 50% ini berlaku pada semua template tanpa batasan pembelian hingga 30 April 2020.


Berbagi itu indah. Klik untuk share.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bantuan? Chat via WA