Begini Judul Slide yang Menarik dan Efektif untuk Presentasi Bisnis Anda

Presentasi adalah salah satu bentuk komunikasi yang sering dilakukan, mulai dari saat seseorang menginjak bangku sekolah hingga memasuki lingkungan kerja. Dalam lingkungan kerja, ada saatnya Anda melakukan presentasi bisnis sebagai adalah media di mana Anda mentransformasikan informasi yang ada dalam benak Anda ke dalam suatu rangkaian sajian audio visual yang lengkap kepada orang lain.

Seoang presenter di masa kini tidak cukup hanya menguasai materi, dan cakap dalam berbicara di depan audiens Anda namun juga harus dapat menampilkan slide presentasi binsis yang menarik dan efektif.

Salah satu tips sederhana yang dapat diterapkan adalah dengan mengganti judul slide (slide title) yang biasa (generik) dengan judul slide yang spesifik, informatif dan langsung menyatakan poin yang ingin disampaikan dan diingat oleh audiens.

Apa perbedaan antara judul slide yang generik dengan judul slide yang efektif?

Perhatikan slide presentasi manajemen bisnis yang generik berikut ini:

Slide “Data Pasar Broadband di Dunia” sekilas sudah baik, namun judul ini tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk membantu audiens memahami dengan cepat poin utama yang ingin Anda sampaikan dalam slide tersebut.

Meskipun slide di atas terlihat lebih simpel, namun karena informasi yang disajikan kurang maka audiens masih harus menebak dan mencerna poin utama apa yang ingin Anda sampaikan kepada mereka. Audiens menjadi butuh usaha dan perhatian lebih untuk sekedar mengambil kesimpulan dari slide yang Anda tampilkan.

Bandingkan dengan judul slide presentasi bisnis manajemen yang lebih efektif berikut:

Judul diatas lebih memiliki kekuatan untuk membantu audiens memahami dengan cepat poin atau kesimpulan apa yang ingin Anda sampaikan kepada mereka.

Tidak hanya sekedar ingin menyampaikan data pasar broadband di dunia, Anda ingin menyampaikan poin informasi utama Anda dalam slide ini yaitu, bahwa Amerika Serikat adalah pasar broadband internet terbesar di dunia. Inilah yang dimaksud menyampaikan informasi bisnis dan bukan sekedar data bisnis.

Intinya adalah Anda harus berhasil membuat setiap slide yang Anda buat memiliki cukup informasi.

Tarik perhatian dengan membuat judul slide presentasi manajemen bisnis Anda seperti headline koran

Anda tentu sudah familiar dengan istilah click-bait yang kerap dikaitkan dengan sebuah judul berita pada portal berita online yang dirancang untuk menarik perhatian dan membujuk pembacanya untuk klik tautan menuju isi dari berita tersebut.

Judul slide presentasi juga dapat dirancang untuk menarik perhatian dan membujuk audiens untuk memperhatikan presentasi bisnis yang Anda sajikan. Tentunya judul tersebut tidak perlu se-sensasional judul berita online.

Judul headline berita pada koran dan koran digital sengaja dirancang ringkas dan informatif sehingga jika Anda tidak sempat membaca berita seluruhnya, Anda masih bisa mendapatkan inti beritanya. Perhatikan contoh koran berbahasa inggris berikut. Tanpa membaca beritanya Anda sudah mendapatkan inti informasi utama beritanya.

headline-koran-manajemen-bisnis

Begitu juga dengan slide yang Anda buat. Sehingga jika audiens sampai tidak sempat menelaah slide Anda lebih dalam, mereka masih mampu menangkap poin informasi yang ingin Anda sampaikan dalam slide dengan cepat.

Berikut beberapa contoh before after dari judul slide presentasi manajemen bisnis yang efektif dengan judul yang begitu jelas dan jernih:

slide-presentasi-manajemen-bisnis-3
slide-presentasi-manajemen-bisnis-4

Judul slide yang efektif menjadikan struktur presentasi Anda menjadi lebih solid

Proses dalam membuat judul slide yang efektif ini juga akan membantu Anda dalam memilih dan memilah materi mana yang akan ditampilkan atau tidak ditampilkan dalam satu sesi presentasi. Menyaring dan menjernihkan ruang lingkup bahasan topik yang akan Anda sampaikan.

Jika Anda tidak dapat membuat judul slide dengan informatif dan menunjukkan poin utama yang ingin Anda sampaikan dalam suatu slide, maka Anda harus mempertimbangkan untuk tidak menggunakan slide tersebut dalam rangkaian slide presentasi Anda.

Dengan tips yang mudah ini saja, Anda sudah dapat membuat perbedaan signifikan dalam efektivitas presentasi yang Anda buat dan bawakan.

Photo Credit: Bankrupt by Ralph Daily

Leave a Reply

Your email address will not be published.